Religious Humanism Synergy to Develop Creative Industry-Based Halal Tourism in Indonesia
Abstract
his study aims to propose a halal tourism model by adopting religious humanism integrated with the creative industry as a baseline. This is a legal study with a statutory approach, relying on various laws and regulations as the primary data, including MUI’s fatwas. This study found that religious humanism can be integrated into the development of the halal tourism industry based on creative industries, with Regional Regulations (Perda) as the guideline. The integration of religious humanism in development is possible with the participation of all stakeholders. This is because the development of halal tourism is not merely about tourism objects but also the community. In this case, religious people easily accept the idea and are willing to participate as long as the integration is structured.
Abstrak. Studi ini bertujuan menawarkan model wisata halal dengan meng adopsi humanisme religius dan mengintegrasikannya dengan industri kreatif. Penelitian dilakukan dengan pendekatan perundang-undangan dengan data primer yang berasal berbagai peraturan perundang-undangan, termasuk fatwa MUI. Kajian ini menemukan bahwa humanisme religius dapat diintegrasikan dalam pengembangan industri wisata halal berbasis industri kreatif, dengan menggunakan Peraturan Daerah (Perda) sebagai pedoman. Mengintegrasikan humanism religi dengan pembangunan dimungkinkan dengan partisipasi seluruh pemangku kepentingan. Hal ini karena pengembangan wisata halal tidak hanya mengenai objek wisata tetapi juga masyarakat. Umat beragama mudah menerima gagasan dan mau berpartisipasi asalkan integrasi dilakukan secara terstruktur.
Keywords
References
Amin, H. (2013). Aktualisasi Humanisme Religius Menuju Humanisme Spiritual dalam Bingkai Filsafat Agama. Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 15(1), 66-80. http://dx.doi.org/10.22373/substantia.v15i1.4885.
Andriani, D., Khalikal, K. A., Aqmarina, L., Nurhayati, T., Permanasari, I.
K., Binarwan, R., & Anggraini, A. P. T. (2015). Laporan Akhir Kajian
Pengembangan Wisata Syariah. Laporan Akhir Kajian Pengembangan Wisata Syariah,(Syariah Tourism), 1-201.
Crescent Rating (2019). Mastercard-Crescent Rating Global Muslim Travel Index 2019. https://www.crescentrating.com/reports/global-muslim-travel-index-2019.html.
DSN-MUI. (2016). Fatwa Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia No. 108/
DSN- MUI/X/2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata Berdasarkan Prinsip Syariah. Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia, https://ubico.id/wp-content/uploads/2019/02/108-Fatwa-Pariwisata-Syariah.pdf.
Fariana, A. (2017). Urgensi Fatwa MUI dalam Pembangunan Sistem Hukum Ekonomi Islam di Indonesia. Al-Ihkam: Jurnal Hukum & Pranata Sosial, 12(1), 87-106. https://doi.org/10.19105/al-lhkam.v12i1.1191.
Fariana, A. (2016). Hukum Islam sebagai the Living Law dalam Meminimalisasi Dampak Negatif Pariwisata di Pulau Lombok Bagian Utara. Istinbath: Jurnal Hukum Islam IAIN Mataram, 15(2), 236-254. https://www.neliti.com/publications/70563/hukum-islam-sebagai-the-living-law-dalammeminimalisasi-dampak-negatif-pariwisat.
Government Regulation No. 39 of 2021 on the Implementation of the Halal Product Guarantee. https://jdih.setkab.go.id/PUUdoc/176351/PP_Nomor_39_Tahun_
pdf.
Hassan, M. K., Rabbani, M. R., & Chebab, D. (2021). Integrating Islamic Finance and Halal Industry: Current Landscape and Future Forward. International Journal of Islamic Marketing and Branding, 6(1), 60-78. https://doi.org/10.1504/IJIMB.2021.10040922.
Jaelani, A. (2017). Halal tourism industry in Indonesia: Potential and prospects. International Review of Management and Marketing, 7(3), 25-34. https:// mpra.ub.uni-muenchen.de/76235/.
Law No. 10 of 2009 on Tourism. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38598/uu-no-10-tahun-2009.
Law No. 24 of 2019 on the Creative Economy. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/123686/uu-no-24-tahun-2019.
Law No. 33 of 2014 on Halal Product Assurance. https://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/1615.pdf.
Mahmud, A. (2014). Insan Kamil Perspektif Ibnu Arabi. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 9(2), 33-45. https://doi.org/10.24252/.v9i2.1297.
Media, K. C. (2021, December 30). Pengertian Ekonomi Kreatif dan Hubungannya dengan Industri Kreatif Halaman all.Kompas.com. https://money.kompas.com/read/2021/12/30/082326726/pengertian-ekonomi-kreatif-dan-hubungannya-dengan-industri-kreatif.
Muhammad, H. (2020, November 12). Tiga Komponen Bangkitkan Pariwisata dan Industri Kreatif | Republika Online. https://www.republika.co.id/berita/qjosmr380/tiga-komponen-bangkitkan-pariwisata-dan-industri-kreatif.
Mukhyidin, I., Junanah, J., & Susilo, M. J. (2020). Analisis Konsep Pendidikan Islam Humanisme Religius Menurut Abdurrahman Mas’ ud. Millah: Jurnal Studi Agama, 33-62. https://doi.org/10.20885/millah.vol20.iss1.art2.
Ningsih, C. (2014). Sinergitas Industri Kreatif Berbasis Pariwisata dengan Strategi Pembangunan Industri Nasional Menuju Globalisasi. Jurnal Manajemen Resort dan Leisure, 11(1), 59-64. https://doi.org/10.17509/jurel.v11i1.2903.
Palupi, T. (2017). Hubungan antara Sikap dengan Perilaku Pro-lingkungan Ditinjau dari Perspektif Theory of Planned Behavior. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 14(1), 214-217. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/18936/15036.
Pemerintah Dorong Pengembangan UMKM dan Pariwisata Halal untuk Bangkitkan Perekonomian Lokal—Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. (2021, June 3). https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/3047/pemerintah-dorong-pengembangan-umkm-dan-pariwisata-halal-untuk-bangkitkan-perekonomian-lokal.
Potensi Besar Ekonomi Kreatif. (2021, June 7). https://ekbis.sindonews.com/read/447906/34/potensi-besar-ekonomi-kreatif-1622995569.
Pendet, I. K. M., & Sunarini, N. M. R. (2019, September). Produk Industri Kreatif sebagai Penunjang Pariwisata. In Sandyakala: Prosiding Seminar Nasional Seni, Kriya, dan Desain, Vol. 1, pp. 271-277). https://eproceeding.isi-dps. ac.id/index.php/sandyakala/article/view/65/59.
Putra, Y. M. (2016, December 7). Industri Kreatif Digital Perkuat Identitas Bangsa | Republika Online. https://www.republika.co.id/berita/ohtj75284/industri-kreatif-digital-perkuat-identitas-bangsa.
Rachman, M. A. (2019). Halal Industry in Indonesia: Role of Sharia Financial Institutions in Driving Industrial and Halal Ecosystem. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 11(1), 35-58. https://doi.org/10.15408/aiq.v11i1.10221.
Ratnasari, R. T. (2020). Halal Tourism Based on Value Creation. Al-Uqud: Journal of Islamic Economics, 4(2), 268-284. https://doi.org/10/26740/al-uqud.v4n2,p268-284.
Saraswati, A. (2017, May 26). Mengenal Dasar-dasar Humanisme Religious—Kompasiana.com. https://www.kompasiana.com/ajengardya/592839fbf47a6
abe6/mengenal-dasardasar-humanisme-religious.
Sitanggang, N. (2022, August 1). Teknologi Digital Solusi Industri Kreatif Indonesia demi Capai Era yang Baru. https://agribisnis.co.id/teknologi-digital-solusi-industri-kreatif-indonesia-demi-capai-era-yang-baru/.
Swesti, W. (2019). Dampak Pariwisata Terhadap Kondisi Sosial Budaya Masyarakat di Banda Aceh. Jurnal Kepariwisataan Indonesia: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia, 13(2), 49-65. https://doi.org/10.47608/jki.v13i22019.49-65.
Wahyuni, T. (2021). Wisata Syariah dalam Upaya Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Potensi Lokal: Studi Kasus di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, 1(2), 181-194. https://doi.org/10.21274/ar-rehla.v1i2.4348.
Kemenparekraf. (2021, August 14). Potensi pengembangan wisata halal di Indonesia. https://kemenparekraf.go.id/hasil-pencarian/potensi-pengembangan-wisata
halal-di-indonesia.
fpscs.uii.ac.id. (2022, June 17). Psikologi Islam-Jiwa Manusia. https://fpscs.uii.ac.id/wp-content/uploads/Arsip/ARSIP-PPT/Psikologi-Islami-MANUSIA-DALAM-PERSPEKTIF-PSIKOLOGI-ISLAMI.ppt.
Kemenparekraf. (2022, May 28). Panduan Potensi Pembangunan Sektor Pariwisata dan EkonomiKreatif. https://eperformance.kemenparekraf.go.id/storage/media/993/
RENSTRA-KEMENPAREKRAF-BAPAREKRAF-2020-2024.pdf.
DOI: 10.15408/aiq.v14i2.28354
Refbacks
- There are currently no refbacks.