Pengaruh Iklan terhadap Minat Beli Pengguna Youtube dengan Brand Recognition sebagai Variabel Intervening

Herdian Rizky Yuniyanto, Hani Sirine

Abstract


The Influence of Advertising on The Buying Interest of Youtube Users with Brand Recognition as Intervening Variable

Internet media can be used to do marketing, one of which is Youtube. This study aims to explain the effect of advertising on buying interest on Youtube users using brand recognition as an intervening variable. The sample in this study amounted 180 students of  Universitas Kristen Satya Wacana who saw Nike product advertising on Youtube. The analysis technique used is path analysis. The result of the research shows that advertising have a significant positive effect to brand recognition, brand recognition have significant positive effect to buying interest, and brand recognition can not function as intervening variable in relationship between advertising and buying interest.

DOI: 10.15408/ess.v8i1.5885



Keywords


consumer behaviour; advertising; brand recognition

Full Text:

PDF

References


Adinata, J. (2016). Pengaruh Periklanan terhadap Minat Beli Konsumen PT. Tokopedia. (Skripsi Tidak Dipublikasikan). Bandung: Universitas Kristen Maranatha.

Arista, E. D. (2011). Analisis Pengaruh Iklan, Brand Trust, dan Brand Image terhadap Minat Beli Konsumen Telkom Speedy di Kota Semarang. (Skripsi Tidak Dipublikasikan) Semarang: Universitas Diponegoro.

Chuan Chu, S., Huang, S., Logan, K., & Daugherty, T. (2008). Understanding Consumer Perceptions of Advertising: A Theoretical Framework of Attitude and Confidence. Conference American Academy of Advertising, San Fransisco.

Ditya, E. D. (2015). Anteseden Efektivitas Iklan Pop-up di Media Sosial Youtube, (Tesis Tidak Dipublikasikan). Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Gunawan, F. A. & Dharmayanti, D. (2014). Analisis Pengaruh Iklan Televisi dan Endorser terhadap Purchase Intention Pond’s Men dengan Brand Awareness sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Vol. 2 (1): 1-14.

Herdaningtyas, G. & Iriani, F. (2017). Pengaruh Iklan dan Penggunaan Selebritas dalam Iklan terhadap Minat Beli Produk Melalui Kesadaran Merek sebagai Variabel Intervening. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis (SNEBIS), Fakultas Ekonomi, Universitas Krisnadwipayana.

Mufarihah, H. & Triyono. (2013). Dampak Periklanan terhadap Minat Beli pada HP Samsung Galaxy (Studi Eksplorasi Pengguna HP Samsung Galaxy di Semarang). (Skripsi Tidak Dipublikasikan) Semarang: Universitas Muhammadiyah Semarang.

Paramitadewi, Y. H. (2009). Pengukuran Kesadaran Merek (Brand Awareness) pada Produk Madurasa PT. Air Mancur Surakarta. (Skripsi Tidak Dipublikasikan). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Kurniawati, D. (2013). Studi Tentang Sikap Terhadap Merek Dan Implikasinya Pada Minat Beli Ulang, (Skripsi Tidak Dipublikasikan). Semarang: Universitas Diponegoro.

Pasharibu, Y., Purwati, Y., & Jie, F. (2013), The Influence of Attitude and brand Recognition Toward Purchase Intention of Online Advertising on Social Networking Sites, Proceedings of the18th Asia Pacific DSI Conference, 9-13 July, Bali, Indonesia.

Purnamasari, I. M. (2016). Pengaruh Kemasan Terbaru Susu Kental Manis Frisian Flag dan Daya Tarik Iklan terhadap Minat Beli Konsumen pada Masyarakat Semarang (Studi Kasus pada Masyarakat Semarang Timur). (Skripsi Tidak Dipublikasikan). Semarang: Universitas Islam Sultan Agung.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2008). Perilaku Konsumen, Edisi 7, Jakarta: Indeks.

Setyawan, M. (2015). Pengaruh Brand Recognition, Attitude, dan Confidence terhadap Minat Beli Konsumen pada Layanan Online Traveloka (Studi Kasus pada Mahasiswa Univeristas Brawijaya Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, Vol. 4 (2): 151-160.

Simanjuntak, T. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Konsumen, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Spears, N. & Singh S. N. (2004). Measuring Attitude toward The Brand and Purchase Intentions. Journal of Current Issues & Research in Advertising (CTC Press) Vol. 26 (2): 53-62.

Suwito, A. (2007). Pengaruh Sikap terhadap Merek dan Sikap terhadap Iklan pada Minat Beli Konsumen. (Skripsi Tidak Dipublikasikan). Surakarta: Univeristas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.15408/ess.v8i1.5885 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Hasil gambar untuk DOAJCrossRefBASE-Search Open Archives Initiative

 

View My Stats