EVALUASI PROSES PROGRAM REHABILITASI LOW VISION YAYASAN LAYAK JAKARTA DALAM UPAYA PENCEGAHAN KEBUTAAN PADA ANAK

Habib Rachman Aji, Ahmad Zaky

Abstract


Abstract. Visual impairment is a problem experienced by many children in developing countries. Uncorrected refraction disorders, cataracts, glaucoma, and visual disturbances that have been experienced since childhood are some of the things that cause a person experiencing visual disturbances. This study aims to find out the description and explanation of the implementation of low vision rehabilitation carried out by the Low Vision Layak Foundation Jakarta. This study uses a qualitative approach to the type of descriptive research. While data collection techniques are carried out through observation, interviews and documentation. For the selection of informants in this study using purposive sampling technique, the sample is taken intentionally. The results of this study indicate that the attitude shown by the officer has made the client feel confident and the services provided are right on target. In terms of facilities and infrastructure have met the standards of the institution but there is one room that is considered too small and requires another room for counseling. It would be nice to have a review conducted by the Layak Foundation related to these obstacles. And until now there are some children who are rarely evaluated. In the future, client evaluations should be carried out routinely.

 

Abstrak. Gangguan penglihatan merupakan permasalahan yang banyak dialami oleh anak-anak di negara berkembang. Kelainan refraksi tidak terkoreksi, katarak, glaucoma, dan gangguan penglihatan yang dialami sejak masa kanak-kanak merupakan beberapa hal yang menyebabkan seseorang mengalami gangguan penglihatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan penjelasan mengenai pelaksanaan rehabilitasi low vision yang dijalankan oleh Low Vision Yayasan Layak Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sementara teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan tekhnik purposive sampling, yaitu sampel yang dimbil dengan sengaja. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sikap yang ditunjukkan oleh petugas telah membuat klien merasa yakin dan layanan yang diberikan sudah tepat pada sasaran. Dari segi sarana dan prasarana telah memenuhi standar lembaga akan tetapi ada ada satu ruangan yang dianggap terlalu kecil serta membutuhkan satu ruangan lain untuk konseling. Alangkah baiknya ada peninjauan kembali yang dilakukan oleh pihak Yayasan Layak terkait kendala tersebut. Dan sampai saat ini ada beberapa anak yang jarang di evaluasi. Untuk kedepannya mungkin evaluasi klien harus rutin untuk dilakukan.

 


Keywords


Evaluasi Proses; Low Vision; Kebutaan, Anak; Process Evaluation,; Low Vision; Blindness; Children

References


Apriyani, Aliyyah, D dan Sunarti. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 2.

Asrorudin, M. (2014). Dampak Gangguan Penglihatan dan Penyakit Mata terhadap Kualitas Hidup (Vision-Related Quality of Live) pada Populasi Gangguan Penglihatan Berat dan Buta Indonesia; Subpenelitian Studi Validasi Data Kebutaan Hasil RISKESDAS 2013 dan Identifikasi Etiologinya. Jakarta: Universitas indonesia.

Dalope, Junifer M.L. (2017). Prevalansi Penurunan Visus pada Siswa Berkebutuhan Khusus di SLB Kasih Angelia Kota Bitung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal e-Clinic (eCI), Vol. 2.

Depkes. (2018). Indonesia Perlu Waspadai Gangguan Penglihatan. Diakses dari http://www.depkes.go.id/article/view/18110100003/indonesia-perlu-waspadai-gangguan-penglihatan.html

Detikcom. (2015). Cerita Nurul Besarkan Anak Bungsunya Yang Low Vision. Diakses dari https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3048504/cerita-nurul-besarkan-anak-bungsunya-yang-low-vision.

Layak, Yayasan. (2018). Profil Yayasan Layak. Diakses dari https://yayasanlayak.wordpress.com/profile-yayasan-layak/.

Prastowo, A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suharjito, D. (2014). Pengantar Metodologi Penelitian. Bogor: IPB Press.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/empati.v8i1.14687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Habib Rachman Aji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.