Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling Studi Kasus di MTs. Nurul Huda Pondok Betung Tangerang Selatan Banten

Rokimin Rokimin, Eka Zendriyan Pangestu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam merencanakan, mengetahui dan mengawasi dengan efektif dalam meningkatkan kompetensi guru bimbingan dan konseling. Seorang kepala sekolah harus mampu meningkatkan kompetensi guru yang merupakan komponen yang sangat menentukan di dalam sebuah lembaga pendidikan, salah satunya adalah guru Bimbingan dan Konseling. Metode yang digunakan adalah Metode Kualitatif yaitu dengan cara mengumpulkan data-data kemudian data-data yang didapat akan dikaji, telaah dan diolah yang bersifat deskriptif kualitatif yaitu melalui gambaran secara kualitatif terhadap permasalahan yang telah diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahawa strategi yang dilakukan kepala sekolah diantaranya mengintruksikan guru bimbingan dan konseling bekerjasama dengan guru-guru yang lain dalam memotivasi semangat belajar siswa, kemudian Dan dalam pengawasannya apabila dari hasil pengawasan kinerja itu baik, maka kepala sekolah memberikan penghargaan atas kinerjanya itu sesuai dengan kemampuan sekolah, serta jika kinerjanya kurang maksimal/baik, kepala sekolah akan memberikan bimbingan agar ke depannya lebih baik lagi atau digantikan oleh guru yang lebih kompeten darinya


References


Andi Rasyid Pananrangi. Manajemen Pendidikan. Celebes: Media Perkasa, cetakan 1, Januari 2007.

Dahlan, Zaini. "Peningkatan Kualitas Kompetensi Guru BK Sebagai Konselor di Sekolah dalam Menghadapi Tantangan Global." Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling 7.1 2019. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia. 1997.

Dewi Safitri. Menjadi Guru Profesional. Riau: Tembilahan, Cetakan Pertama, Desember 2019.

Husain Usman. Metodologi Penelitian Social. Jakarta: Bumi Aksara. 1995.

Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara, Nomor 84 Tahun 1993

Lexy. J. Moloeng. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2000.

M Irham, M. Irham. Model Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar (Studi Kasus di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Purwokerto). Diss. Pascasarjana IAIN Purwokerto. 2015.

Mayasari, Eka dan Muhammad Syarif. Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman 4.1. 2018.

Nanang Fattah. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2006.

Paramita, puji. Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling, No. 4 2017. Pontianak: Paramita, 2017.

Ramayulis & Mulyadi. Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia Jakarta. Cetakan Pertama, Januari 2017.

Reimond Napitupulu, Et. al. Dasar-dasar Ilmu Kepemimpinan Teori dan Aplikasi. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia. 2019.

Ricky W. Griffin. Manajemen, Edisi Tujuh Jilid Satu. Penerbit Erlangga, 2004.

Saiful Akhyar Lubis, at, all. Kompetensi Guru BK Dalam Peningkatan Pelayanan Bimbingan Konseling di SMK Negeri 1 Dolok Merawan.

Susanto. 2008. Implementasi MPMBS di Sekolah Dasar. Bantul: Tesis PPS UNY

Syaiful Sagala. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2010.

Winiarti, Endah. “Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia Lembaga Pendidikan.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah 3.1. 2018


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/em.v1i1.32277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.