Review Model-model Evaluasi Program Untuk Pendidikan dan Pelatihan Online

Afif Faizin, Hesti Kusumaningrum

Abstract


Dalam artikel ini membahas tujuh model evaluasi yang relevan untuk digunakan oleh evaluator dalam program Pendidikan dan pelatihan online. Evaluasi program merupakan kegiatan yang dilakukan secara sistematis dengan tujuan mengumpulkan informasi, menganalisis, dan memberikan penilaian berdasarkan kriteria yang telah ditentukan untuk membantu dalam pengambilan keputusan. Evaluasi program meliputi tiga unsur penting, yaitu: kegiatan yang dilakukan secara sistematis dengan menggunakan kriteria atau standar yang ditetapkan, serta proses pengambilan keputusan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi program memberikan manfaat besar dalam memberikan data dan informasi yang dibutuhkan oleh pengambil kebijakan untuk menentukan kelanjutan program. Evaluasi program juga memberikan data dan informasi yang spesifik pada setiap aspek atau komponen yang dievaluasi, sehingga dapat dijadikan acuan untuk perbaikan program jika memang dibutuhkan. Untuk melakukan evaluasi program secara objektif, perlu dilakukan penelitian evaluative yang mencakup pendidikan dalam kelas maupun online learning. Untuk melakukan evaluasi program para peneliti hendaknya mengacu pada suatu model yang berfungsi untuk memandu, dan memberikan langkah-langkah pelaksanaan evaluasi dengan baik.


References


al., B. W. (2016). Who Needs Goals? A Case Study of Goal-Free Evaluation. Journal of Multidisciplinary Evaluation, Vol.12 (27), 27.A.

Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S., & Abdul Jabar , C. (2008). Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoretis dan Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bennet, J. (2003). Evaluation Method in Research. London: Continuum International Publishing Group.

Davidson, E. J. (2005). Evaluation Methodology Basics. California: Sage Publication Inc.

Kirkpatrick, D. L., & Kirkpatrick, J. (2008). Evaluating Training Program the Four Levels Third Edition. San Francisco: Berret-Koehler Publisher Inc.

Kirkpatrick, D., & Kirkpatrick, J. (2006). Evaluating Training Program the Four Levels. San Fransisco: Berret-Koehler Publisher Inc.

Newcomer, K. E., Hatry, H., & Wholey, J. (2015). Handbook of Practical Program Evaluation. New Jersey: Jossey Bas.

Nkwake, A. M. (2015). Credibility, Validity, and Assumptions in Program Evaluation Methodology. Switzerland: Springer International Publishing.

Purwanto, & Suparman, A. (1999). Evaluasi Program Diklat. Jakarta: STIA-LAN Press.

Royse, D., A. Thyer , B., & Padgett, D. (2010). Program Evaluation An Introduction Fifth Edition. Canada: Wadsworth Cengage Learning.

Stake, R. E. (2004). Standard-based & Responsive Evaluation. California : Sage Publication.

Stufflebeam, D. L., & Coryn , L. C. (2014). Evaluation Theory, Models, and Applications. San Fransisco: Jossey Bass.

Tobin, T. J., Mandernach, B., & Taylor , A. (2015). Evaluating Online Teaching: Implementing Best Practices. San Francisco: Jossey-Bass.

Vanderstoep, S. W., & Johnston, D. (2009). Research Methods for Everyday Life: Blending Qualitative and Quantitative Approaches. San Francisco: Jossey Bass.

Vito, G. F., & Higgins, G. (2015). Program Evaluation for Criminal Justice. New York: Elsevier Inc.

Warsita, B. (2011). Pendidikan Jarak Jauh Perancangan, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi Diklat . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Widoyoko, S. E. (2014). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wirawan. (2012). Evaluasi: Teori, Mode, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pres.

Yusuf, M. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/em.v1i1.32245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.