Integrasi Model RADEC - Literasi Sains dalam Modul Ajar Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Pendidikan di era saat ini menuntut adanya perubahan paradigma dalam metode pengajaran guna menciptakan pembelajaran yang berorientasi pada kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan model RADEC(Read, Answer, Discuss, Explain, and Create)-literasi sains dalam modul ajar guna mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pra-eksperimental. Sampel penelitian ini melibatkan 60 siswa kelas V SD. Adapun instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis siswa. Data dikumpulkan melalui tes awal, perlakuan menggunakan modul ajar, dan tes akhir untuk mengukur perubahan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil uji N-gain menunjukkan bahwa Model RADEC-Literasi Sains dalam Modul Ajar (MALS) pada kelas eksperimen (0,78) lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol (0,53). Hasil uji t menunjukkan nilai uji hipotesis kurang dari 0,05 (2-tailed). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa MALS dengan Model RADEC efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bailin, S. , C. R. , C. J. R. , & D. L. B. (1999). Conceptualizing critical thinking. Journal of Curriculum Studies, 31(3).
Darmaji, D., Kurniawan, D. A., Suryani, A., & Lestari, A. (2018). An Identification of Physics Pre-Service Teachers’ Science Process Skills Through Science Process Skills-Based Practicum Guidebook. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 7(2), 239–245. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v7i2.2690
Florea, N. M., & Hurjui, E. (2015). Critical Thinking in Elementary School Children. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 180, 565–572. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.161
H. Siegel and C. Gables. (2010). “Critical Thinking,” in International Encyclopedia of Education, (3rd edition), . International Encyclopedia of Education, (3rd Edition), 141(145).
Herianingtyas, N. L. R. (2015a). Implementasi Pendekatan Saintifik Melalui Discovery Learning Dalam Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 1 Kebumen Tahun Ajaran 2014/2015.
Herianingtyas, N. L. R. (2015b). Implementasi Pendekatan Saintifik Melalui Discovery Learning Dalam Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 1 Kebumen Tahun Ajaran 2014/2015.
Herianingtyas, N. L. R. (2017). Mewujudkan 21st Century Learning Berbasis Karakter Melalui Implementasi Taxonomy for Science Education di Sekolah.
Herianingtyas, N. L. R. (2022). Penguatan Literasi Sains Siswa MI/SD melalui Pengembangan E-Modul dengan Instrumen Asesmen berbasis Higher Order Thingking Skills.
Herianingtyas, N. L. R., Edwita, E., & Yarmi, G. (2023). Analisis Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Rasch Analysis Model (RAM). JPGMI (Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam), 9(2), 293–300.
Herianingtyas, N. L. R., Maksum, A., & Marini, A. (2023). Pengaruh Flipbook E-Module berbasis Nilai Multikulturalisme terhadap Peningkatan Kemampuan Critical Thinking (CT) Siswa Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(3).
Herianingtyas, N. L. R., & Wafiqni, N. (2023). Evaluation Of The Implementation Of Science Literacy-Based Learning In Madrasah Ibtidaiyah. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 15(1), 79–92.
Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124
Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 91. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103
Kowalcyk, H. and C. (2012). “Perception of the use of critical thinking methods,” . Radiologic Technology, 3.
Mukhlis, S., & Herianingtyas, N. L. R. (2021a). Implementasi Digital Game Play Learning (DGPL) di Sekolah Dasar. PUCUK REBUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 17–29.
Mukhlis, S., & Herianingtyas, N. L. R. (2021b). Peningkatan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SDN Cililitan 02 melalui Problem Based Learning (PBL) berbasis Contextual Content. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 64–75.
Muyassaroh, I., & Herianingtyas, N. L. R. (2023). Enhancing Elementary Preservice Teachers’ Scientific Literacy by Using Flipped Problem-Based Learning Integrated with E-campus. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 8(2).
N. Hırça. (2022). “The influence of hands on science experiments on scientific process skills according to prospective teachers’ experiences,” . Eur. J Phys. Educ, 2022(19).
Pamungkas, Z. S., Aminah, N. S., & Nurosyid, F. (2018). Students Critical Thinking Skill in Solving Scientific Literacy using a Metacognitive Test Based on Scientific Literacy. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 7(2), 161–169. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v7i2.2909
Pratama, Y. A., Sopandi, W., & Hidayah, Y. (2019). RADEC Learning Model (Read-Answer-Discuss-Explain And Create): The Importance of Building Critical Thinking Skills In Indonesian Context. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(2). https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i2.1379
Ririn, R. N. D. (2023). Hubungan Orang Tua dan Guru dalam Mencegah Bullying. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 110–116. https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v6i2.1739
Safitri, W. C. D., & Mediatati, N. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1321–1328. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.925
Sarican, E. G. E. Busra. (2021). Developing Critical Thinking Skills in Elementary School Students Through Foreign Language Education: An Action Research. Education Quartely Reviews, 2(1).
Serevina, V., & Sari, I. J. (2018). Development of E-Module Based on Problem Based Learning (PBL) on Heat and Temperature to Improve Student’s Science Process Skill. In TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology (Vol. 17, Issue 3).
Syawaludin, A., Gunarhadi, & Rintayati, P. (2019). Development of augmented reality-based interactive multimedia to improve critical thinking skills in science learning. International Journal of Instruction, 12(4), 331–344. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12421a
Vong, S. A., & Kaewurai, W. (2017). Instructional model development to enhance critical thinking and critical thinking teaching ability of trainee students at regional teaching training center in Takeo province, Cambodia. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(1), 88–95.
Wangid, M. N., Mustadi, A., Senen, A., & Herianingtyas, N. L. R. (2017). The evaluation of authentic assessment implementation of Curriculum 2013 in Elementary School. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 21(1), 104–115.
Zulfiani, Z., Herlanti, Y., & Sofyan, A. (2016). Kajian Penerapan Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif Antara Perguruan Tinggi Dan Sekolah. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(2).
DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v3i2.37848 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006
Indexed By: