Pengaruh Penggunaan Media Menghitung dengan Stik Ice Cream Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas II
Abstract
The objectives of this research are 1) Describe the results of Mathematics learning before using ice cream stick media for class II students at MI Ulil Albab Simpasai. 2) Describe the results of Mathematics learning after using ice cream stick media for class II students at MI Ulil Albab Simpasai. 3) Analyzing the influence of mathematics learning outcomes using ice cream sticks on class II students at MI Ulil Albab Simpasai. The type of research used in this research is pre-experimental design research with a one group pretest-post test type design. Based on the results of descriptive analysis of student learning outcomes before using ice cream stick media in class II MI Ulil Albab, they obtained a maximum score of 60 and a minimum of 40 with an average of 49.64 and the results of descriptive analysis of student learning outcomes after using the media Ice cream sticks obtained a maximum score of 95 and a minimum of 50 with an average of 79.64. Based on the results of descriptive analysis and the normalized gain test, the results showed that the use of ice cream stick media had a significant effect on student learning outcomes with an average value of 0.59 or n-gain >0.3 in the medium category.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abd Rahman BP, dkk. Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam. Vol.2 no. 1 Juni 2022
Abdul Gafur, Desain Pembelajaran: Konsep, Model, dan Aplikasinya dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran (Yogyakarta: Ombak, 2012).
Adi Sulton Maulana. Penerapan Strategi Reac Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP (Universitas Pendidikan Islam: Repository. Upi.edu. 2013
Agus Riyanto. Statistik Deskriptif untuk Kesehatan Cet. I; Yogyakarta: Nuha Medika. 2013
Agus Riyanto. Statistik Deskriptif untuk Kesehatan, (Cet I; Yogyakarta: Nuha Medika. 2013
Ahmad, Susanto.Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. 2014.
Bsam, F , Hajra H. dkk. Pengaruh Pelaksanaan pembelajaran daring terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN No. 30 Kassi Kabupaten Jeneponto. Jurnal:UIN Alauddin Makassar. vol xi. no. 2, Juli-Desember 2022.
Bela Bakti Amallia Putri dkk. Analisis Factor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V di SD Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Edicatio Fkip Unma. 5. No.2, Desember . 2019
Fitriani, “ Efektifitas Penggunaan Media Komik terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek Peserta didik Kelas V SDN No.49 Panjo’jo Kabupaten Takalar.” Skripsi (Makassar. Fakultas. Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2021.
Ina Magdalena dk. Pentinya Media Pembelajaran Untuk Meningkatakan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. Edisi: Jurnal Edukasi dan Sains. Vol.3 no.2 Agustus. 2021
Latiafah fauziani, Peningkatan hasil belajar matematika tema energi dan perubahanya melalui model NHT pada siswa kelas III Sd Negeri Bayangkara Kota Yogyakarta. Skripsi: Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta 2019.
Lukman, Tri Nugroh. ”Penggunaan Alat Peraga Stik Ice cream sebagai upaya meningkatkan hasil belajar matematika materi penjumlahan dan pengurangan”. Skripsi: Surakarta Fak.keguruan dan ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2018.
Murlia, Rosdiana dkk. Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meniningkatkan Pemahanan Konsep Matematika Siswa Pada Materi Trigonometri.Al asma: Journal of Islami Education. Vol. 2, no.1 Mey 2020.
Murlia, Rosdiana dkk.Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meniningkatkan Pemahanan Konsep Matematika Siswa Pada Materi Trigonometri.Al asma: Journal of Islami Education. Vol. 2, no.1 Mey 2020.
Nahdi, D. S. Implementasi Model Pembelajaran Collaborative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. 3 (1). 2017
Nurjanah, Safei dkk. Pengaruh Penerapan Strategi Example non example Berbasis Media Kongkret Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiyah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Vol 4 no 2. Agustus.2020.
Rosdiana, Nuryamin dkk. Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mts Madani Alauddin Kabupaten Gowa, Lentera Pendidikan , Vol. 20. No. 1 Juni. 2007
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung:Alfabet.
Suhaemi, Wahyu Bagja Sulfemi. "Peranan metode diskusi menggunakan media stik ice cream dalam meningkatkan motivasi, minat dan hasil belajar matematika kelas 11 SDN Srengseng Sawah 12 pagi Jakarta" Skripsi:STKIP Muhamadiyah Bogor. 2018
Suhaemi, Wahyu Bagja Sulfemi. "Peranan metode diskusi menggunakan media stik ice cream dalam meningkatkan motivasi, minat dan hasil belajar matematika kelas 11 SDN Srengseng Sawah 12 pagi Jakarta" Skripsi:STKIP Muhamadiyah Bogor. 2018.
Wahyu Dian Kirana Budiati. Peningkatan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Metakognitif Menggunakan Problem Based Learning pada Materi Sistem Koordinasi Kelas XI IPA 4 SMAN 3 Salatiga. Skripsi Salatiga; Fakultas Biologi Universitas Kristen Satya Wacana. 2013.
Yuliani, Nurani Sujiono. “Hakikat Pengembangan Kognitif,” Metode Pengembangan. Kognitif. Universitas Terbuka. 2013.
Yuliani, Nurani Sujiono. “Hakikat Pengembangan Kognitif,” Metode Pengembangan. Kognitif. Universitas Terbuka.2013
DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v3i2.35089 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006
Indexed By: