Pengaruh Penggunaan Media Menghitung dengan Stik Ice Cream Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas II

Nurfajriah Nurfajriah, Rosdiana Rosdiana, Fajri Basam

Abstract


The objectives of this research are 1) Describe the results of Mathematics learning before using ice cream stick media for class II students at MI Ulil Albab Simpasai. 2) Describe the results of Mathematics learning after using ice cream stick media for class II students at MI Ulil Albab Simpasai. 3) Analyzing the influence of mathematics learning outcomes using ice cream sticks on class II students at MI Ulil Albab Simpasai. The type of research used in this research is pre-experimental design research with a one group pretest-post test type design. Based on the results of descriptive analysis of student learning outcomes before using ice cream stick media in class II MI Ulil Albab, they obtained a maximum score of 60 and a minimum of 40 with an average of 49.64 and the results of descriptive analysis of student learning outcomes after using the media Ice cream sticks obtained a maximum score of 95 and a minimum of 50 with an average of 79.64. Based on the results of descriptive analysis and the normalized gain test, the results showed that the use of ice cream stick media had a significant effect on student learning outcomes with an average value of 0.59 or n-gain >0.3 in the medium category.


Keywords


Media Menghitung; Stik es krim; Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Abd Rahman BP, dkk. Pengertian ‎Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan ‎Unsur-Unsur Pendidikan. Al ‎Urwatul Wutsqa: Kajian ‎Pendidikan Islam. Vol.2 no. 1 Juni ‎‎2022‎

Abdul Gafur, Desain Pembelajaran: ‎Konsep, Model, dan Aplikasinya ‎dalam Perencanaan Pelaksanaan ‎Pembelajaran (Yogyakarta: ‎Ombak, 2012).‎

Adi Sulton Maulana. Penerapan Strategi ‎Reac Untuk Meningkatkan ‎Kemampuan Koneksi Matematis ‎Siswa SMP (Universitas ‎Pendidikan Islam: Repository. ‎Upi.edu. 2013‎

Agus Riyanto. Statistik Deskriptif untuk ‎Kesehatan Cet. I; Yogyakarta: ‎Nuha Medika. 2013‎

Agus Riyanto. Statistik Deskriptif untuk ‎Kesehatan, (Cet I; Yogyakarta: ‎Nuha Medika. 2013‎

Ahmad, Susanto.Teori Belajar dan ‎Pembelajaran di Sekolah Dasar. ‎Jakarta: Kencana Prenadamedia ‎Group. 2014.‎

Bsam, F , Hajra H. dkk. Pengaruh ‎Pelaksanaan pembelajaran daring ‎terhadap hasil belajar peserta didik ‎kelas V SDN No. 30 Kassi ‎Kabupaten Jeneponto. Jurnal:UIN ‎Alauddin Makassar. vol xi. no. 2, ‎Juli-Desember 2022.‎

Bela Bakti Amallia Putri dkk. Analisis ‎Factor Rendahnya Minat Belajar ‎Matematika Siswa Kelas V di SD ‎Negeri 4 Gumiwang. Jurnal ‎Edicatio Fkip Unma. 5. No.2, ‎Desember . 2019‎

Fitriani, “ Efektifitas Penggunaan Media ‎Komik terhadap Keterampilan ‎Menulis Cerita Pendek Peserta ‎didik Kelas V SDN No.49 Panjo’jo ‎Kabupaten Takalar.” Skripsi ‎‎(Makassar. Fakultas. Tarbiyah dan ‎Keguruan UIN Alauddin ‎Makassar, 2021.‎

Ina Magdalena dk. Pentinya Media ‎Pembelajaran Untuk ‎Meningkatakan Minat Belajar ‎Siswa SDN Meruya Selatan 06 ‎Pagi. Edisi: Jurnal Edukasi dan ‎Sains. Vol.3 no.2 Agustus. 2021‎

Latiafah fauziani, Peningkatan hasil ‎belajar matematika tema energi ‎dan perubahanya melalui model ‎NHT pada siswa kelas III Sd ‎Negeri Bayangkara Kota ‎Yogyakarta. Skripsi: Universitas ‎Ahmad Dahlan Yogyakarta 2019. ‎

Lukman, Tri Nugroh. ”Penggunaan Alat ‎Peraga Stik Ice cream sebagai ‎upaya meningkatkan hasil belajar ‎matematika materi penjumlahan ‎dan pengurangan”. Skripsi: ‎Surakarta Fak.keguruan dan ilmu ‎Pendidikan. Universitas ‎Muhammadiyah Surakarta. 2018.‎

Murlia, Rosdiana dkk. Efektifitas ‎Penerapan Model Pembelajaran ‎Quantum Teaching Untuk ‎Meniningkatkan Pemahanan ‎Konsep Matematika Siswa Pada ‎Materi Trigonometri.Al asma: ‎Journal of Islami Education. Vol. ‎‎2, no.1 Mey 2020.‎

Murlia, Rosdiana dkk.Efektifitas ‎Penerapan Model Pembelajaran ‎Quantum Teaching Untuk ‎Meniningkatkan Pemahanan ‎Konsep Matematika Siswa Pada ‎Materi Trigonometri.Al asma: ‎Journal of Islami Education. Vol. ‎‎2, no.1 Mey 2020.‎

Nahdi, D. S. Implementasi Model ‎Pembelajaran Collaborative ‎Problem Solving Untuk ‎Meningkatkan Kemampuan ‎Representasi Matematis Siswa ‎Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala ‎Pendas. 3 (1). 2017‎

Nurjanah, Safei dkk. Pengaruh ‎Penerapan Strategi Example non ‎example Berbasis Media Kongkret ‎Terhadap Hasil Belajar IPA. ‎Jurnal Ilmiyah Pendidikan ‎Madrasah Ibtidaiyah. Vol 4 no 2. ‎Agustus.2020.‎

Rosdiana, Nuryamin dkk. Pengaruh ‎Manajemen Kelas Terhadap ‎Keaktifan Belajar Peserta Didik ‎Pada Mts Madani Alauddin ‎Kabupaten Gowa, Lentera ‎Pendidikan , Vol. 20. No. 1 Juni. ‎‎2007‎

Sugiyono, Metode Penelitian ‎Pendidikan: Pendekatan ‎Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, ‎Bandung:Alfabet.‎

Suhaemi, Wahyu Bagja Sulfemi. ‎‎"Peranan metode diskusi ‎menggunakan media stik ice ‎cream dalam meningkatkan ‎motivasi, minat dan hasil belajar ‎matematika kelas 11 SDN ‎Srengseng Sawah 12 pagi ‎Jakarta" Skripsi:STKIP ‎Muhamadiyah Bogor. 2018‎

Suhaemi, Wahyu Bagja Sulfemi. ‎‎"Peranan metode diskusi ‎menggunakan media stik ice ‎cream dalam meningkatkan ‎motivasi, minat dan hasil belajar ‎matematika kelas 11 SDN ‎Srengseng Sawah 12 pagi ‎Jakarta" Skripsi:STKIP ‎Muhamadiyah Bogor. 2018.‎

Wahyu Dian Kirana Budiati. ‎Peningkatan Hasil Belajar Kognitif ‎dan Keterampilan Metakognitif ‎Menggunakan Problem Based ‎Learning pada Materi Sistem ‎Koordinasi Kelas XI IPA 4 SMAN ‎‎3 Salatiga. Skripsi Salatiga; ‎Fakultas Biologi Universitas ‎Kristen Satya Wacana. 2013.‎

Yuliani, Nurani Sujiono. “Hakikat ‎Pengembangan Kognitif,” Metode ‎Pengembangan. Kognitif. ‎Universitas Terbuka. 2013.‎

Yuliani, Nurani Sujiono. “Hakikat ‎Pengembangan Kognitif,” Metode ‎Pengembangan. Kognitif. ‎Universitas Terbuka.2013‎




DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v3i2.35089 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006

 

Indexed By:

Logo Google Scholar Logo Garuda Logo Crossref Logo  Base  Logo Dimensions Logo Indonesia Onesearch