Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Materi FPB Dan KPK di Sekolah Dasar

Fahda Fujianti, Fauzan Fauzan, Fatkhul Arifin

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Cidokom 03 pada kelas IV yang diambil semple sebanyak 33 siswa dari jumlah populasi 37 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode mixed metode (Metode Campuran) deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika materi FPB dan KPK berdasarkan indikator pemahaman konsep matematika yaitu Translation, Interpretation dan Exstrapolasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah sebanyak 10 butir soal essay pada materi FPB dan KPK. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan pemahaman konsep siswa secara keseluruhan berdasarkan hasil rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep sebesar 64.40% termasuk ke dalam kategori sedang. Urutan penguasaan berdasarkan indikator mulai dari prolehan tertinggi indikator translation 7,51%, indikator interpretation 6,54%, dan prolehan indikator terendah ekstrapolasi 2,00%. Sehingga secara keseluruhan berdasarkan hasil rata-rata pencapaian indikator adalah 5,35% dengan kategori cukup. Faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep pada penelitian ini di sebabkan karena faktor dari diri individu itu sendiri dan faktor keluarga dan lingkungan sekolah.    

Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Matematika, FPB dan KPK


Keywords


Pemahaman Konsep; Matematika; FPB dan KPK

Full Text:

PDF

References


Azhari, Marissa Yunita (2021) “Pemanfaatan Alat Peraga Dakota Untuk Menguatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa.” Journal Lainlangsa At-Tafkir 14, no. 1. 1.

Arisyanto, Adi Reza, Savitri Wanabuliandari, and Nur Fajrie (2021) “Faktor-Faktor Hasil Pemahaman Konsep Metamatis Dalam Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi 8, no. 1.

Fatimah (2009) Fun Math Matematika Asyik Dengan Metode Pemodelan. Bandung: PT. Mizan.

Gazali, Rahmita Yuliana (2016) “Pembelajaran Matematika Yang Bermakna.” Math Didactiic: Jurnal Pendidikan Matematika 02, no. 03.

Hafriani (2021) “Mengembangkan Kemampuan Dasar Matematika Siswa Berdasarkan Nctm Melalui Tugas Terstruktur Dengan Menggunakan Ict (Developing The Basic Abilities of Mathematics Students Based on NCTM Through Structured Tasks Using ICT).” JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran 22, no. 1.

Kenedi, Ary Kiswanto (2018) “Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Matematika.” Jurnal Numeracy 5, no. 2.

Manik, F H, A Hartoyo, and R Ijuddin. (2010) “Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Trigonometri Berdasarkan Teori Bloom.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran …, no. 1956: 1. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/46467/75676589124.

P, Andi Achru (2019) “Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran” III, no. 36.

Putri, Bela Bekti Amallia, Arifin Muslim, and Tri Yuliansyah Bintaro. (2019) “Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Sd Negeri 4 Gumiwang [Factor Analysis of the Low Interest in Learning Mathematics for Fifth Grade Students at Public Elementary School 4 Gumiwang].” Jurnal Educatio FKIP UNMA 5, no. 2.

Romlah, Medinda (2016) “Peningkatan Kemampuan Anak Melalui Kegiatan Bermain Sempoa.” Jurnal Ilmiah Potensial 1, no. 2.

Rizki Nurhana Friantini, and Rahmat Winata (2008) Pendidikan, Jurnal, Matematika Indonesia, “Kamus Besar Bahasa Indonesia / Departemen Pendidikan Nasional.” Gramedia pustaka utama 4.

Susanto, Ahmad (2013)Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Unaenah, Een, Miftah Nurul Annisa, Adinda Rahma Ishaq, Ade Wiliah, Rifdal Fauziah, and Wulan Noviyanti (2020) “Analisis Pembelajaran FPB Dan KPK Dengan Model Pohon Faktor Dan Tabel Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 2, no. April: 75–86. https://core.ac.uk/download/pdf/327208759.pdf.




DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v3i2.33753 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006

 

Indexed By:

Logo Google Scholar Logo Garuda Logo Crossref Logo  Base  Logo Dimensions Logo Indonesia Onesearch