Memahami Peran Psikologi Pendidikan Bagi Pembelajaran Di SD Islam Al-Bayani Cikarang Utara – Bekasi
Abstract
Psikologi pendidikan merupakan ilmu yang meneliti masalah jiwa dan kegiatan psikologis seseorang dalam kaitannya dengan pendidikan sebagai interaksi. Pskologi pendidikan juga suatu disiplin ilmu yang dirasa penting untuk memeriksa masalah yang mengganggu atau mendukung jiwa siswa dalam proses pembelajaran disekolah, Sehingga dengan memahami keadaan mental siswa maka guru di SD Islam Al-Bayani Cikarang Utara Bekasi dapat mengatur dan berusaha mencari solusi atas masalah tersebut, sehingga untuk hal ini, diharapkan seorang guru perlu memiliki pengetahuan yang komprehensif tentang psikologi pendidikan sehingga pembelajaran dapat berlangsung efektif dan terarah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono, 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. PT Rineka Cipta. Jakarta.
Ahmadi, H. Abu dan Nur Uhbiyati. (2003). Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka
Cipta.
Ahmadi, Abu, dkk., 2003. Ilmu Pendidikan, PT Rineka Cipta. Jakarta.
Amin, Safwan, 2005. Pengantar psikologi Pendidikan, Yayasan Pena. Banda Aceh.
Bahruddin, 2004. Paradigma Psikologi Islam Studi Tentang Elemen Psikologi Dari Al- Qur’an. Pustaka Belajar. Yogyakarta
Departeman Pendidikan Nasional, 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka. Jakarta.
Djamarah, Syaiful Bahri, 2008. Psikologi Belajar. Rineka Cipta. Jakarta.
Fauzi, Ahmad, 2004. Psikologi Umum, CV Pustaka Setia. Jakarta.
Irwanto, 2002. Psikologi Umum, PT Prenhanllindo, Jakarta.
Lester D Crow&Alice Crow, 1984. Educational Psychology, terj. Buku 1. PT Bina Ilmu. Surabaya
Muhibbin, 2004. Psikologi pendidikan Dengan Pendekatan Baru, PT Remaja Rosda Karya. Bandung.
M Dalyono, 2007. Psikologi Pendidikan. PT Rineka Cipta. Jakarta.
Purwanto, M Ngalim, 2007. Psikologi pendidikan. PT Remaja Rosda Karya. Bandung.
Suryabrata, Sumadi, 2008. Psikologi Pendidikan, PT Raja Grafindo Persada. Jakarta. Syah
DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v3i1.30018 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006
Indexed By: