Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Bernyayi Siswa Kelas II di Sekolah Dasar

Ananda Sephia Anisati, Agung Setyawan

Abstract


This study aims to describe the application of the singing method in improving students’ cognitive learning outcomes in class II SDN weight unit material. The subjects of this study were 24 students of class II SDN as many as 24 people.This research is a Classroom Action Research (CAR). The results obtained in this study, in the first cycle of students who got a minimum score of 65 there were only 5 students with a percentage of 20.83%, 19 students who had not reached the minimum completeness criteria with a percentage of 79.16%. While in the second cycle, students who got a minimum score of 65 were 20 students with a percentage of 83.33%, 4 students who had not reached the minimum completeness criteria with a percentage of 16.66%. The application of learning using the singing method or learning songs can help students understand the material so that there is an increase in learning outcomes for Mathematics subjects with weight units for second grade students at SDN.


Keywords


Singing Method; Cognitive Learning Outcomes; Mathematics

Full Text:

PDF

References


Ali Hamzah dan Muhlisrarini. perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. jakarta: Rajawali pers, 2014.

Diana, F., Normansyah, S., & Agus, J. P. (2013). Penerapan metode bernyanyi dengan menggunakan alat bantu pembelajaran untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak di kelompok B2 Taman Kanak-Kanak Aisyiyah II Pasar Manna Kabupaten Bengkulu Selatan (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu).

Fimansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 3(1).

Heruman, Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar, Bandung; PT. Remaja Rosdakarya, 2012.

Ilmiyah, N. H., & Sumbawati, M. S. (2019). Pengaruh media Kahoot dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology), 3(1), 46-50.

Nasaruddin, N. (2013). Karakterisik Dan Ruang Lingkup Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 63-76.

Nisa, I. K., Rahmi, N., & Fajri, W. (2020). Penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa Arab di MTS Ma’arif NU 07 Purbolinggo. Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Di MTS Ma’arif NU 07 Purbolinggo, 1, 1-15.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171.

NOVITASARI, R. (2020). UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BERHITUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERNYANYI DAN MEDIA KANTONG BILANGAN DI KELAS I SD NEGERI 53 LUBUK LINGGAU (Doctoral dissertation, UIN Raden Fatah Palembang).

Parnawi, A. (2019). Psikologi belajar. Deepublish.

Putrianingsih, S., & Azizah, V. (2021). PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG SISWA KELAS III MI MUJAHIDIN JATI MULYO KEPUNG. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, dan Kebudayaan, 7(2), 1-22.

Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif.

Sastra Negara, Hasan. Konsep Dasar Matematika Untuk PGSD, Bandar Lampung: Aura Pubishing, 2014.

Suarni, E. (2019). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas iii dengan menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing di SDN 05 kota mukomuko. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 63-70.

Susyanto, A. D. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournamen Pada Siswa Kelas V Sd N 1 Jembangan Poncowarno Kebumen. Universitas PGRI Yogyakarta.

Sukaesih, S. (2013). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:(1) penerapan Natural Approach pada siswa kelas VIIC SMP N 1 Sapuran;(2) peningkatan kemampuan hasil belajar siswa kelas VIIC SMP N 1 Sapuran setelah menggunakan Natural Approach. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIC SMP N 1 Sapuran. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis ... (Doctoral dissertation, Pend. Bhs Jawa).

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2012

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Di SDN Cikokol 2. AS-SABIQUN, 2(1), 7-17.

Setyawan, A.( 2014). HIPOTESIS . Surakarta: Kementerian Kesehatan RI:Politeknik Kesehatan Surakarta.

Syafi'i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123.

Triatnasari, V. (2017). Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas III B Min 11 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Verawati, K. (2020). PENERAPAN METODE DRILL DALAM MATAPELAJARAN MATEMATIKA MATERI SATUAN BERAT. PENERAPAN METODE DRILL DALAM MATAPELAJARAN MATEMATIKA MATERI SATUAN BERAT.

Wibawa, B. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, 2572-2721.

Yusmanto, Y. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Metode Bernyanyi di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 2(3), 313-319.




DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v2i2.26743 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006

 

Indexed By:

 Logo Sinta Ristekbrin Logo Google Scholar Logo Garuda Logo Crossref Logo  Base  Logo Dimensions Logo Indonesia Onesearch