Penggunaan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Pkn Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa

Fahmi Nur Udiansyah, Zaenul Slam

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana penggunaan media audio visual pada pembelajaran PKn dalam materi nilai-nilai pancasila dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian ini digunakan adalah studi kasus dengan 3 tahapan yaitu; mengamati persiapan guru kelas V dalam penggunaan media audio visual, pelaksanaan penggunaan media audio visual yang dilakukan guru dan hasil keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V dalam penggunaan media audio visual. Adapun subjek penelitian ini berupa 23 siswa kelas V MI Al Ikhlas Cipadu. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi selama penelitian berlangsung. Penggunaan media audio visual yang dilakukan guru kelas V MI Al Ikhlas Cipadu sudah baik dan hasil berpikir kreatif siswa kelas V bahwa dari 23 siswa mencapai berpikir kreatif yang meliputi indikator keterampilan berpikir kreatif yaitu kelancaran (90%), keluwesan (94%), originalitas (91%) dan elaborasi (91%).

Keywords


Berpikir Kreatif; Media Audio Visual; PKn

Full Text:

PDF

References


Andriana. (2006). Belajar Mengajar Biologi. Jakarta: Depdikbud Dirjen PMPTK.

Ahdar, D. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV. Kaafah Learning Center.

Komariah, A., & Satori, D. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartono, R. (2013). Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Bandung: Diva Press

Herianingtyas, N.L.R, ‘Penguatan Literasi Sains Siswa MI/SD Melalui Pengembangan E-Modul Dengan Instrumen Asesmen Berbasis Higher Order Thingking Skills’, Elementar: Jurnal Pendidikan Dasar, 2.1 (2022), 15–26.

Herianingtyas, N. L. R., & Harmawati, R. E. (2017, May). Optimalisasi Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Sainsmelalui Discovery Learning Berwawasan Lingkungan. In Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) (pp. 547-556).

Hermawan, A. H. (2016). Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mukhlis, S., & Herianingtyas, N. L. R. (2021). Peningkatan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SDN Cililitan 02 melalui Problem Based Learning (PBL) berbasis Contextual Content. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 64-75.

Jamaluddin. (2010). "Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SD dalam Pembelajaran IPA." Jurnal Pendidikan, 17(3), Oktober.

Luthfiyah, dkk. (2015). Strategi Belajar Berpikir Kreatif. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Rindaningsih, I. (2019). Buku Ajar Perencanaan Pembelajaran MI. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Taniredja, dkk. (2013). Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v3i2.26669 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006

 

Indexed By:

Logo Google Scholar Logo Garuda Logo Crossref Logo  Base  Logo Dimensions Logo Indonesia Onesearch