Penerapan Quantum Learning dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis di Kepas II Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas II melalui penerapan Quantum Learning. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan langkah-langkah perencanaan dan pelakasanaan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SD Islam Al Hikmah. Subjek penelitian adalah siswa kelas 2.1 Tahun Pelajaran 2019/2020, yang berjumlah 22 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes tulis, dan lembar observasi yang terdiri dari lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Validasi lembar observasi ditentukan melalui Judgement Ahli. Berdasarkan hasil tes tulis, observasi guru dan siswa selama proses kegiatan belajar mengajar pada siklus I belum seluruhnya sesuai dengan langkah-langkah Quantum Learning, dengan rata-rata presentasi 66,7% dengan kategori tinggi. Sedangkan pada siklus II seluruh aktivitas pembelajaran sudah sesuai dengan langkah-langkah Quantum Learning dan menunjukkan kategori sangat baik dengan rata-rata 91,4%. Dengan hasil observasi tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Quantum Learning mampu meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis siswa kelas II SD Islam Al Hikmah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggara, A., & Rakimahwati, R. (2021). Pengaruh Model Quantum learning terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3020–3026. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1265
Darmanah, D. (2020). Increasing Students’ Writing Skill on Poetry through Quantum Learning Strategy: A Classroom Action Research. Journal of English Language Teaching and Cultural Studies, 3(2), 89–96. https://doi.org/10.48181/jelts.v3i2.9941
Djenawa, A. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(1), 22–30. https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.213
Fatimah, A., Rahman, U., & Prasasti, A. I. (2018). Memahami Konsep Matematika dengan Quantum Learning dan Quantum Teaching. PUSAKA, 6(2), 211–218. https://doi.org/10.31969/pusaka.v6i2.58
Firdausi, B. W., & Yermiandhoko, Y. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA SEKOLAH DASAR. 11(2).
Hendriani, A. (2017). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Administrasi Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.17509/jap.v13i1.6388
Kusuma, A. I., & Pramesti, D. (2020). Students Perception about Entrepreneurship Course Using Quantum Learning Model: The 5th Progressive and Fun Education International Conference (PFEIC 2020), Surakarta, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201015.003
Mardliyah, A. A. (n.d.). BUDAYA LITERASI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DI ERA INDUSTRI REVOLUSI 4.0.
Maulidi, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Quantum Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Fakta: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 13. https://doi.org/10.28944/fakta.v2i1.698
Muis, A., & Hamami, T. (2022). Quantum Learning Approach to Learning Quran During the Covid-19 Pandemic at SDIT LHI Yogyakarta. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 8(2), 1–18. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v8i2.5131
Samura, A. O. (2019). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. 5(1).
Sasmita, A., & Fajriyah, K. (2018). PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS QUANTUM LEARNING TEMA EKOSISTEM UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2355
Tari, E., Pasande, P., Tulaka, E. E., & Rantesalu, M. B. (2019). Improving the Quality of Learning New Testament Theology Courses with Quantum Learning Methods. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(8), 854. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i8.1970
DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v3i1.22297 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006
Indexed By: