Pembelajaran Make A Macth Online untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Mahasiswa dalam Pendidikan Pancasila
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alodia, M.C. (2006).Efektifitas Kartu Permaian Make A Match Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Kelas XII SMA. Jurnal BioEdu, 5 (2), 253-258.
Alwasilah, C. (2011) Pokoknya Kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya Ardiyanti, Y. (2016). Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Kunci Determinasi.Jurnal Pendidikan Indonesia, 5 (2), 193-202 Asma, N. (2006). Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Depdiknas .
Ejin, S. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN Jambu Hilir Baluti 2 Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 1(1). 65-71.
Faridli, E.M.. (2011). Model-Metode Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta Iryance, I. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Kestuan Bogor. Jurnal Pendidikan Sejarah. 3 (1). 13-22.
Isjoni. (2014). Cooperative Learning. Bandung Alfabeta Kaelan. (2010). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2020). Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kemdikbud.
Khakima, M.A.. (2019). The Implementation of Cooperative Learning Make a Match to improve Social science learning activities and learning outcomes. International Journal of Scientific and Research Publications, 9 (3), 321-328.
Lie, A. (2007). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo Lolonga, S.N.et al.(2016). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X-6 SMAN 1 Wawotobi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Materi Keseimbangan Lingkungan dan Perubahannya. Jurnal Ampibi, 1(1), 58-64.
Montessori, M.(2002). Pendidikan Kewarganegaraan dan Keterampilan Berpikir. Jurnal Demokrasi,1(1): 52-59.
Nata, A. dan Sofyan, A. (2014). Pengembangan Desain Model Pembelajaran PAI Berbasis Barakter Mulia Yang Holistik, Humanis, Emansipatoris, Dan Efektif. Journal Of Education In Muslim Society (Tarbiya), 1 (1): 35-50.
Naziah, S.T, Maula, L.H, Sutisnawati, (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Di Sekolah Dasar. Jurnal JPSD. 7(2). 109-120.
Nur Fidiyanti. (2017). Effect Of Implementation Of Cooperative Learning Model Make A Match Technique On Student Learning Motivation In Social Science Learning. International Journal Pedagogy of Social Studies, 2 (1), 1-6.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses.
Purwanto, M.N. (2012)Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Putria, H., Maula, L.H, Uswatun, D.A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4 (4). 861-872.
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran. Bandung: Multi Mandiri Pers.Sani, R.A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Slam, Z. (2020). Implementasi Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Kolaborasi Peserta didik Melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Civic Hukum, 5 (2): 125-135.
Soimin, A. (2018). 68 Model Pembelajarn Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Soleh. (2020). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Skripsi tidak Diterbitkan. Purwakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.
Utomo, S.P.et. al. (2018). Implementation Of Cooperative Learning Model Type Make A Match To Improve Concepts Comprehension Of Two Dimentional Figure Chaeacter. International Journal Pedagogy Of Social Studies, 2 (1), 1-6.
Widodo, S. (2016). Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Melalui Isu-Isu Sosial Ekonomi Pasca Pengembangan Waduk Jatigede Dalam Pembelajaran IPS Di SMPN 2 Wado Kabupaten Sumedang Kelas VIII C. International Journal Pedagogy Of Social Studies, 1(2), 1-14.
Walfajri, R.U. dan Harjono, N. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Tematik Muatan IPA Melalui Model Problem Based Learning Kelas 5 SD. Jurnal Basicedu, 3 (1), 16-20.
Wiriaatmadja, R. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Winataputera dan Budimansyah. (2007). Civic Education. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Zaini, H. (2006). Strategi Pembelajaran Aktif. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v1i1.20891 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006
Indexed By: