Upaya Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas IV dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning

Khairun Nisa, Fauzan Fauzan, Fatkhul Arifin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran matematika dan meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa kelas IV SDN Sudimara 7. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Subyek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV-I SDN Sudimara 7. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan adanya peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa, didapat dari hasil rata rata siklus I dan siklus II, pada siklus I skor rata rata kemampuan koneksi matematis siswa sebesar 67,4 kemudian pada siklus II menjadi 90,8.

 


Keywords


Model Pembelajaran; Contextual Teaching and Learning (CTL); Koneksi Matematis

Full Text:

PDF

References


Darmadi. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Peserta didik. Yogyakarta: Deepublish, 2017.

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2009.

Hanifah, Nurdiah dan J. Julia. Membedah Anatomi Kurikulum 2013 untuk Membangun Masa Depan Pendidikan yang Lebih Baik. Sumedang: UPI Sumedang Press, 2014.

Kusumawati, Naniek dan Endang Sri Maruti. Strategi Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar, Solo: Cv. Ae Media Grafika, 2019.

Lampiran Permendikbud No. 22 Tahun 2016.

Maulana, dkk. Ragam Model Pembelajaran di Sekolah Dasar, UPI Sumedang Press, 2015.

NCTM. Executive Summary: Principles and Satndars for School Mathematics, 2016. http://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/PSSM_ExecutiveSummary.pdf.

Rachmawati, Yeni, dkk. Potret pendidikan Indonesia Statistik pendidikan 2018, Jakarta: Badan Pusat Statistik, 2018.

Sadia, Wayan. Model-model Pembelajaran Sains Konstruktivistik, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.

Siagian, Muhammad Daut. “Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika ,” MES (Journal of Mathematics Education and Science), vol. 2, no. 1 (2016): 58-66.

Susanto, Ahmad. Teori Belajar dan Pebelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Supriadi, S. Inovasi dan Miskonsepsi Penyampaian Materi Matematika SD, PGSD UPI Kampus Serang, 2017.

Wahab. Belajar dan Pembelajaran SAINS, Bandung: Pustaka Reka Cipta, 2013.




DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v1i1.20890 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006

 

Indexed By:

Logo Google Scholar Logo Garuda Logo Crossref Logo  Base  Logo Dimensions Logo Indonesia Onesearch