Pengaruh Media Pembelajaran Zoom Terhadap Hasil Belajar PPkn Siswa Kelas IV MI Al-Wathoniyah 43 Jakarta Utara

Mimi Jamilah, Rohmat Widiyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan  Untuk mengetahui Bagaimana hasil belajar siswa  pada materi Pancasila menggunakan media pembelajaran Zoom dan Adakah pengaruh media pembelajaran Zoom terhadap hasil belajar aspek pengetahuan pada materi Pancasila. Penelitian ini dilakukan di MI Al-Wathoniyah 43 Jakarta Utara. Penelitian ini berlangsung pada bulan September. Metode penelitian ini digunakan adalah kuasi eksperimen dengan disain Nonequivalent control Group Design. Sampel yang diambil adalah kelas IVA dengan jumlah 10 siswa. Instrumen yang digunakan instrumen tes berupa soal pilihan ganda dan non-tes berupa angket. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil belajar siswa PPKn. Dengan hasil hipotesis terhadap data postest menunjukan pengolahan data menggunakan pengujian hipotesis (uji-t) menggunakan program SPSS yang memperoleh nilai-niali (sig.2-tailed) dengan taraf signifikansi 5% (0,05). Hasil pengujian hipotesis (uji-t) tersebut menunjukan hasil akhir bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran zoom lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar tanpa menggunakan media pembelajaran zoom. Dan berdasarkan hasil analisis data nontes berdasarkan respon siswa terhadap media pembelajaran zoom dengan nilai persentase 86%

Keywords


Zoom; Hasil Belajar Siswa; Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Putra, Rahmat. 2018. Motivasi Berprestasi dan Disiplin Peserta Didik Serta Hubungannya Dengan Hasil Belajar. Kalimantan: Yudha english gallery

Susanto, Ahmad. 2013. Teori belajara & Pembelajaran di sekolah Dasar. Jakarta: PT Prenadamedia Group.

Hakim, Thursan. 2010. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara.

Haqien, Dani & Aqilah Afiifadiyah Rahman. 2020. Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pendemi Covid 19. Jurnal Susunan Artikel Pendidikan. Vol 5 No. 1.

Nata, Abuddin. 2009. Perspektif Islam Tentang strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prendamedia Group.

Kasmir, Mursyid. 2020. Implementasi zoom, Google Classroom dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring(Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris. Jurnal AKSARA Public. Vol 4 No. 2.

Kustiawan, Usep. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudera

Kustiawan, Usep. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudera

Jalinus, Nizwardi dan Ambiyar. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Kasmir, Mursyid. 2020. Implementasi zoom, Google Classroom dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring(Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris. Jurnal AKSARA Public. Vol 4 No. 2.

haruin, Yahya 2020. Evaluasi dan Penilaian dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Group Penelitian CV Budi utama 64

triana, Devi Dinny. 2020. Penilaian Kelas dalam Pembelajaran Tari. Surabaya: CV Jakad Media Publishing. 41

https://trikinet.com/post/apa-itu-zoom




DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v1i1.20886 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006

 

Indexed By:

Logo Google Scholar Logo Garuda Logo Crossref Logo  Base  Logo Dimensions Logo Indonesia Onesearch