Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV

Vetty Norma Lasari, Anis Fuadah Zuhri, Rohmat Widiyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share di kelas IV-A MI Nurul Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini terdiri dari 34 siswa kelas IV-A MI Nurul Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada siklus I dan siklus II. Hasil observasi aktivitas siswa memperoleh rata-rata nilai dari 75 menjadi 80. Hasil tes belajar siswa memperoleh rata-rata nilai dari 70,25 menjadi 80,56. Berdasarkan hasil observasi dan hasil tes belajar (posttest) yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV-A.


Keywords


Think Pair Share; Keaktifan; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arifin, Anwar. 2003. Memahami Paradigma Baru Pendidikan Nasional dalam Undang-Undang Sisdiknas. Jakarta: Ditjen Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama.

Aqib, Zainal. 2008. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, TK. Bandung: CV. Yrama Widya.

Indarti, Titik. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Ilmiah. Surabaya: Lembaga Penerbit FBS Unesa.

Mertler, Craig A.. 2014. Penelitian Tindakan Kelas; Meningkatkan Sekolah dan Memberdayakan Pendidik, Edisi Ketiga. Jakarta: PT. Indeks.

Sanjaya, Wina. 2017. Perencanaan dan Sistem Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tampurbulon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas: untuk Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v1i1.20374 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006

 

Indexed By:

Logo Google Scholar Logo Garuda Logo Crossref Logo  Base  Logo Dimensions Logo Indonesia Onesearch