PENGARUH PENERAPAN MODEL PBL TERINTEGRASI STEAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Agus Budiyono, Hotimatul Husna, Arin Wildani

Abstract


THE EFFECT OF IMPLEMENTATION OF STEAM INTEGRATED PBL MODEL ON CREATIVE THINKING ABILITY JUDGED BY STUDENTS' UNDERSTANDING OF CONCEPTS

Abstract

The ability to think creatively is a skill that can support students in 21st-century learning. This study aims to describe the effect of the application of the integrated PBL model and STEAM on the ability to think creatively in terms of students' conceptual understanding. The study used a pre-experimental method using one group pretest-posttest design, that is, only one experimental group without using a control group. The population was all class XI of SMAN 1 Pademawu with samples taken using cluster random sampling, namely only one class. Data were analyzed using two-way ANOVA. The result shows that there is a significant effect of the integrated PBL model and STEAM on high school students' creative thinking (Fhit = 177.189 α = 0.000 <α = 5%). Students 'high understanding of concepts has an impact on students' higher creative thinking abilities when compared to students who have low concept understanding (Fhit = 202,804 α = 0,000 <α = 5%). The interaction between the STEAM integrated PBL model and students 'understanding of the initial concept had a significant effect on students' creative thinking abilities, namely (Fhit = 5.406 α = 0,000 <α = 5%).

Abstrak

Kemampuan berpikir kreatif menjadi kemampuan yang dapat menunjang siswa dalam pembelajaran abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model PBL terintegrasi pendekatan STEAM terhadap kemampuan berpikir kreatif ditinjau dari pemahaman konsep siswa. Penelitian ini menggunakan metode pre-experiment dengan menggunakan desain one group pretest-posttest design yaitu hanya satu kelompok eksperimen dengan tanpa menggunakan kelompok kontrol. Populasinya adalah seluruh kelas XI SMAN 1 Pademawu dengan sampel diambil menggunakan cluster random sampling yakni hanya satu kelas saja. Data dianalisis menggunakan ANAVA Dua Jalur. Penelitian menunjukkan ada pengaruh yang siginifikan model PBL terintegrasi pendekatan STEAM terhadap berpikir kreatif siswa SMA (Fhit = 177.189  Pemahaman konsep siswa yang tinggi berdampak pada kemampuan berpikir kreatif siswa yang lebih tinggi pula jika dibandingkan dengan siswa yang memiliki pemahaman konsep rendah (Fhit = 202.804 . Interaksi antara model PBL terintegrasi STEAM dan pemahaman konsep awal siswa memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu sebesar (Fhit = 5.406 .

 


Keywords


problem based learning; STEAM; critical thinking; mastery of concepts and students; problem based learning; STEAM; berpikir kreatif; penguasaan konsep dan siswa

Full Text:

PDF

References


Abdurrozak, R., Jayadinata, A. K., & Isrok’atun, I. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871–880. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3580

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202–212. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561

Andriani, A. (2020). Bandul si Alarm Gempa Produk Implementasi STEAM dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Inquiry Pada kelas XI MIA 4 di SMAN 4 Kejuruan Muda Tp 2019/2020. Gravitasi: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 3(01), 6–11. https://doi.org/10.33059/gravitasi.jpfs.v3i01.2312

Aristantia, G. (2017). Penerapan Science Technology Engineering Art Mathematics Pada Tema Air Dan Kita Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Mengetahui Profil Karakter Peserta Didik SMP [Other, Universitas Pendidikan Indonesia]. https://doi.org/10/S_FIS_1205078_Appendix.pdf

Armandita, P. (2017). Analisis kemampuan berfikir kreatif pembelajaran Fisika di kelas XI MIA 3 SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 129–135. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v10i2.17906

Bicer, A., Nite, S. B., Capraro, R. M., Barroso, L. R., Capraro, M. M., & Lee, Y. (2017). Moving from STEM to STEAM: The effects of informal STEM learning on students’ creativity and problem solving skills with 3D printing. 2017 IEEE Frontiers in Education Conference (FIE), 1–6. https://doi.org/10.1109/FIE.2017.8190545

Cahyaningsih, F., & Roektiningroem, E. (2018). Pengaruh Pembelajaran Ipa Berbasis STEM-PBL Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif. Pend. Ilmu Pengetahuan Alam - S1, 7(5), 239–244.

Connor, A., Karmokar, S., & Whittington, C. (n.d.). From STEM to STEAM: Strategies for Enhancing Engineering & Technology Education. 5(2), 37–47.

Conradty, C., & Bogner, F. X. (2018). From STEM to STEAM: How to Monitor Creativity. Creativity Research Journal, 30(3), 233–240. https://doi.org/10.1080/10400419.2018.1488195

Farwati, R., Permanasari, A., Firman, H., & Suhery, T. (2018). Integrasi Problem Based Learning dalam STEM Education Berorientasi pada Aktualisasi Literasi Lingkungan dan Kreativitas. Seminar Nasional Pendidikan IPA, 1(1), 198–206.

Fatimah, C. (2017). Penerapan Pendekatan Steam (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) dalam Upaya Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Menggunakan Project Based Learning (Jakarta). Program Studi Pendidikan Kimia; Fakultas MIPA UNJ. //fmipa.unj.ac.id/lib/index.php?p=show_detail&id=102052&keywords=

Hadinugrahaningsih, T., Rahmawati, Y., Ridwan, A., Budiningsih, A., & Suryani, E. (2017). Keterampilan Abad 21 dan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics) Project dalam Pembelajaran Kimia. LPPM UNiversitas Negeri Jakarta.

Johnson, E. B. (2002). Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It’s Here To Stay. Corwin Press, Inc.

Khoiriyah, N., Abdurrahman, A., & Wahyudi, I. (2018). Implementasi pendekatan pembelajaran STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi gelombang bunyi. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 5(2), 53–62. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v5i2.9977

Kim, D.-H., Ko, D. G., Han, M.-J., & Hong, S.-H. (2014). The Effects of Science Lessons Applying STEAM Education Program on the Creativity and Interest Levels of Elementary Students. Journal of The Korean Association For Science Education, 34(1), 43–54. https://doi.org/10.14697/jkase.2014.34.1.1.00043

Kim, M. G., & Choi, S. Y. (2013). The Effects of the STEAM Project-Based Learning on Students’ Creative Problem Solving and Science Achievement in the Elementary Science Class. Journal of Science Education, 37(3), 562–572.

Kurniansyah, A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X-IPA MAN Batu. Skripsi Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 0(0), Article 0. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/fisika/article/view/74214

Lee, S.-Y., & Lee, H. C. (2013). The Effects of Science Lesson Applying STEAM Education on the Creativity and Science Related Attitudes of Elementary School Students. Journal of Korean Elementary Science Education, 32(1), 60–70. https://doi.org/10.15267/keses.2013.32.1.060

Maloy, R. W., Verock, R.-E., Edwards, S. A., & Woolf, B. P. (2016). Transforming Learning with New Technologies, Enhanced Pearson eText with Loose-Leaf Version—Access Card Package, 3rd Edition. /content/one-dot-com/one-dot-com/us/en/higher-education/program.html

Manobe, S. M., & Wardani, K. W. (2018). Peningkatan Kreativitas Belajar Ipa Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas 3 SD. Didaktika Dwija Indria, 6(8), Article 8. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/12003

Mulyasa. (2009). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Remaja Rosdakarya.

Munandar, U. (2011). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. PT Renika Cipta.

Ngalimun, F., & Ariani, A. (2013). Perkembangan dan Pengembanagan Kreativitas. Aswaja Presindo.

Nurfajriyah, D. N., Aeni, A. N., & Jayadinata, A. K. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Pesawat Sederhana. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 251–260. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3016

Oner, A., Nite, S., Capraro, R., & Capraro, M. (2016). From STEM to STEAM: Students’ Beliefs About the Use of Their Creativity. STEAM, 2(2), 1–14. https://doi.org/10.5642/steam.20160202.06

Santofani, A., & Rosana, D. (2016). Pengembangan tes kreativitas pada pembelajaran fisika dengan pendekatan inkuiri pada materi teori kinetik gas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 134–144. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.6373

Sartika, R. P. (2018). The Implementation Of Problem Based Learning To Improve Students’ Understanding In Management Of Laboratorium Subject. EDUSAINS, 10(2), 197–205. https://doi.org/10.15408/es.v10i2.7376

Surya, J. P., Abdurrahman, & Wahyudi, I. (2018). Implementation Of The Stem Learning To Improve The Creative Thinking Skills Of High School Student In The Newton Law Of Gravity Material. Journal Of Komodo Science Education, 1(01), 106–116.

Takebayashi, T., & Kumano, Y. (2018). Importance of development of STEM education for petrology and mineralogy. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 98–103. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.18525

Tarigan, E. A., & Rochintaniawati, D. (2015). Pengaruh Metode Praktikum Berbasis Pbl Terhadap Kemampuan Argumentasi Tertulis Siswa Pada Materi Interaksi Mahluk Hidup Dengan Lingkungannya. Edusains, 7(2), 135–142. https://doi.org/10.15408/es.v7i2.1648

Trianggono, M. M. (2017). Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan, 3 (1), 1–12.

Ulfah, M., Fatmah, H., & Herlanti, Y. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dipadu Metode Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Ipa 4 Sma Negeri 1 Parung Tahun Ajaran 2014/2015 Pada Konsep Perubahan Lingkungan Dan Daur Ulang Limbah. Edusains, 7(2), 202–208. https://doi.org/10.15408/es.v7i2.2789

Wijaya, A. D., Karmila, N., & Mahmudah, R. (2015). Implementasi Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) pada Kurikulum Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya, 85–88.




DOI: https://doi.org/10.15408/es.v12i2.13248 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).

EDUSAINS.  P-ISSN:1979-7281
;E-ISSN:2443-1281

 Web Analytics Made Easy - StatCounterView My Stats