ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS XI IPA SMA PADA PRAKTIKUM BIOLOGI

Putri Agustina, Alanindra Saputra, Sofyan Anif, Anis Rayana, Annisa Probowati

Abstract


ANALYSIS SCIENCE PROCESS SKILLS AND SCIENTIFIC ATTITUDES OF XI GRADE STUDENTS OF SENIOR HIGH SCHOOL IN BIOLOGICAL PRACTICE

Abstract

Practicum is one of the learning methods that cannot be separated from Biology learning. If implemented properly, the practicum can develop science process skills and students' scientific attitudes. This study aims to: (a) analyze student science process skills in Biology practicum at Surakarta State Senior High School 2; (b) analyzing the scientific attitude of students in the Biology practicum at Surakarta State Senior High School 2; and (c) analyzing the effectiveness of Biology practicum in developing science process skills and students' scientific attitudes. This research is a descriptive study conducted at SMA Negeri 2 Surakarta in March to May 2018. The population in this study were all students of class XI IPA SMA Negeri 2 Surakarta even semester 2017/2018 school year totaling 128 students while the sample was taken purposively sampling a total of 56 students. Science process skills data is obtained from the results of the observation sheet analysis while the scientific attitude data is obtained from the observation sheet and student questionnaire. Based on the results of data analysis, it was found that: (1) the science process skills class XI IPA of SMA 2 Surakarta in the Biology lab was categorized very well with the average score of KPS 82.03; and (2) the scientific attitude of the 11th grade students of SMAN 2 Surakarta is in the average category with an average score of 68.63. Thus, it can be concluded that Biology practicum can develop science process skills and students' scientific attitudes.

Abstrak

Praktikum merupakan salah satu metode pembelajaran yang tidak dapat dipisahkan dari pembelajaran Biologi. Jika dilaksanakan dengan baik, maka praktikum dapat melatihkan keterampilan proses sains (KPS) serta mengembangkan sikap ilmiah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (a) menganalisis KPS siswa pada praktikum Biologi di SMA Negeri 2 Surakarta; dan (b) menganalisis sikap ilmiah siswa pada praktikum Biologi di SMA Negeri 2 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Surakarta pada bulan Maret sampai dengan Mei 2018. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Surakarta semester genap tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 128 siswa sedangkan sampel diambil secara purposive sampling sejumlah 56 siswa. Data KPS diperoleh dari hasil analisis lembar observasi sedangkan data sikap ilmiah diperoleh dari lembar observasi dan angket siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa: (1) KPS kelas XI IPA SMAN 2 Surakarta pada praktikum Biologi dikategorikan sangat baik dengan perolehan rata-rata skor KPS 82.03; serta (2) sikap ilmiah siswa kelas XI IPA SMAN 2 Surakarta masuk dalam kategori cukup baik dengan rata-rata skor 68.63. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa praktikum Biologi dapat mengembangkan KPS dan sikap ilmiah siswa.

 


Keywords


practicum; Biology teaching and learning; science process skills; scientific attitude; effectiveness; praktikum; pembelajaran Biologi; keterampilan proses sains; sikap ilmiah

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2007). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Arisman, A., & Permanasari, A. (2015). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Praktikum dan Demonstrasi Multimedia Interaktif (MMI) dalam Pembelajaran IPA Terpadu untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Edusains, 7(2), 179–184.

Astari, W. (2018). Pengembangan Keterampilan Proses Sains Melalui Metode Penemuan. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 317–322. http://doi.org/10.24114/jpb.v6i2.6547

Bahtiar. (2017). Pengaruh Model Praktikum Fisika Berbasis Guided Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Fisika UIN Mataram. In Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia (pp. 82–88). Mataram: Asosiasi Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia (APPPI) Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat Kerjasama Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala. http://doi.org/S0962-8924(12)00067-0 [pii]n10.1016/j.tcb.2012.04.004

Dewi, I. S., Sunariyati, S., & Neneng, L. (2016). Analisis Kendala Pelaksanaan Praktikum Biologi di SMA Negeri se-Kota Palangka Raya. EduSains, 2(1), 13–26.

Falahudin, I., Fauzi, M., & Purnamasari, W. (2016). PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PRAKTIKUM BIOLOGI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP MUHAMMADIYAH 6 PALEMBANG ِ لا َ نو ُ ل م, 2(2), 73–81.

Hunaepi. (2016). Kajian Literatur tentang Pentingnya Sikap Ilmiah. In Prosiding Seminar Nasional Pusat Kajian Pendidikan Sains dan Matematika Tahun 2016 (pp. 548–550). Mataram: IKIP Mataram.

Khairunnisa, Ita, Istiqamah. (2019). Keterampilan Proses Sains (KPS) Mahasiswa Tadris Biologi pada Matakuliah Biologi Umum. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan. 1(2): 58-65.

Lathifah, H. (2018). Kualitas Pengelolaan Laboratorium Biologi di SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Lepiyanto, A. (2017). Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Berbasis Praktikum. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(2), 156. http://doi.org/10.24127/bioedukasi.v5i2.795

Nirwana, F. B., Nyeneng, I. D. P., & Maharta, N. (2014). Pengaruh Keterampilan Proses Sainsterhadap Hasil Belajar Pada Model Latihan Inkuiri. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2(3), 31–42. http://doi.org/10.11225/jcss.22.426

Rustaman, N. Y. (2011). Pendidikan dan Penelitian Sains dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi untuk Pembangunan Karakter. In Seminar Nasional XI Pendidikan Biologi (pp. 15–34). Surakarta: Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret.

Subiantoro, A. W. (2014). Pentingnya Praktikum dalam Pembelajaran IPA. Yogkayarta.

Sudarisman, S. (2018). Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 29–35. http://doi.org/10.25273/florea.v2i1.403

Surachman, dkk. (2014). Implementasi Scientific Process Pada Mata Pelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains Tahun II, (2), 168–177. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/download/7168/6183

Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi. Jurnal Bio Educatio, 2(2), 49–57.

Syafriyansyah, Eko Suyanto, & I Dewa Putu Nyeneng. (2013). Pengaruh Keterampilan Proses Sains (KPS) terhadap hasil belajar fisika siswa melalui metode eksperimen dengan pendekatan inkuiri terbimbing. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1). Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/209

Ulfa, S. W. (2016). Pembelajaran Berbasis Praktikum: Upaya Mengembangkan Sikap Ilmiah Siswa pada Pembelajaran Biologi. Nizhamiyah, VI(1), 65–75.

Ulva, V., Ibrohim, & Sutopo. (2017). Mengembangkan Sikap Ilmiah Siswa SMP Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Ekosistem. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(5), 622–626.

Zulyetti, D. (2017). Sikap Ilmiah dan Motivasi Belajar Mahasiswa dalam Praktikum Biologi Umum dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing di STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh. Saintifik@: Jurnal Pendidikan MIPA, 1(2), 70–75.




DOI: https://doi.org/10.15408/es.v13i1.11015 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).

EDUSAINS.  P-ISSN:1979-7281
;E-ISSN:2443-1281

 Web Analytics Made Easy - StatCounterView My Stats