PENGEMBANGAN LAMAN AUTOPROCTOR SEBAGAI DESKRIPSI TRUST SCORE DAN REAL SCORE PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Imron Maulana, Hindun Hindun

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini untuk mengetahui tingkat kejujuran dan skor kepercayaan peserta didik. Oleh karena itu, pendidik akan selalu bersentuhan dengan istilah evaluasi pembelajaran seperti tes. Akan tetapi, dalam realitas implementasinya dari pelaksanaan tes tersebut masih ditemui tindak penyimpangan yang dilakukan oleh peserta didik. Pendidik urgensi sekali untuk mengetahui segala proses kegiatan belajar mengajar, terutama perihal pelaksanaan ujian. Ketidakjujuran dalam penerapan ujian daring merupakan salah satu masalah yang terjadi di Indonesia selama sistem pembelajaran jarak jauh. Dalam penelitian ini, penulis akan memberikan solusi atas problematika tersebut. Tentunya, dengan fitur-fitur yang menarik dalam laman Autoproctor, baik itu kamera, audio, dan tab switch akan memperlihatkan secara konkret perihal sejauh mana tingkat kejujuran dan skor kepercayaan peserta didik dalam mengerjakan tes yang telah dirancang oleh seorang pendidik sebelumnya. Metode penelitian dan pengembangan laman ini adalah mix method. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas laman Autoproctor dalam merepresentasikan trust score dan skor sesungguhnya pada sistem PJJ dapat dikatakan kredibel dan efektif. Oleh karena itu, hadirnya laman Autoproctor melalui beragam fiturnya, yakni camera, audio, dan tab switch, dapat memberikan jawaban atas kegelisahan pendidik maupun peserta didik, terutama mengenai pemberian “skor sesungguhnya yang sudah terhindar dari berbagai tindakan menyimpang” peserta didik, terutama ketika evaluasi pembelajaran online dilakukan.

Keywords


Evaluasi Pembelajaran; PJJ; Autoproctor; Trust Score; Real Score

Full Text:

PDF

References


Ayuningsihtyas, Dyah, dkk. (2018). Aplikasi WEB Evaluasi Proses Pembelajaran dengan Pendekatan Assesment As Learning. Jurnal JKTP 1 (1): 78-82.

Amin, Muhammad. (2017). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Kejujuran pada Lembaga Pendidikan. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Vol.1, No.1.

Dewi, Kurnia Cahya. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Matematika Kelas X. Skripsi, FKIP: UIN Raden Intan Lampung.

Dian Alvina, dkk. (2021). Peran Guru Kelas terhadap Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN 112268 Gunung Lonceng Labuhan Batu Bara. Jurnal Pendidikan Vol. 10, No.1:141-153.

Fuady, Muhamad Juaharul. (2017). Pengembangan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Online untuk Pendidikan Jarak Jauh. Junal TEKNO 26 (16): 148-150.

Febriana Dian Ningtiyas. (2017). Pengaruh Dimensi Fraud Diamond terhadap Kecurangan Akademik pada Siswa Jurusan Akuntansi SMKN 1 Malang. Repository Universitas Negeri Malang.

Fernando, Andrew, dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Nufadhillah, Septy. (2021). Media Pembelajaran. Sukabumi: CV Jejak.




DOI: https://doi.org/10.15408/dialektika.v9i2.29614 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dialektika : Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, P-ISSN : 2407-506X E-ISSN : 2502-5201

Indexing by:

    

more...