Is Duolingo Media Effective? An Experimental Study on Increasing Student Interest in Arabic Learning
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).
Agustianti, R., Nussifera, L., Meliana, I., Sidik, E. A., Simarmata, N., Himawan, I. S., Ikhram, F., Andriani, A. D., Rai, I., Gatriyani, N. P., & Mayasari, N. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. CV. Tohar Media.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.
Baroroh, R. U., Pohan, N. K., & Hania, I. (2023). Pengembangan Aplikasi Duolingo untuk Meningkatkan Kemahiran Mendengar Siswa Kelas VIII di Ma’had al-Ansor dengan Standar CEFR. Prosiding Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab, 2, 67–74.
Chandra, A. R. (2023). Penggunaan Media Aplikasi Duolingo untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab serta Maharah Kalam Siswa Kelas VII SMP IT Al-Maksum Sunggal. UIN Sumatera Utara.
Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS. Guepedia.
Daud, R. F. (2021). Dampak Perkembangan Teknologi Komunikasi Terhadap Bahasa Indonesia. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2).
Dhayfullah, F. A., Priyatna, O. S., & Hamdani, I. (2022). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Metode Peer Teaching. 3(3).
Fauziddin, M., & Fikriya, M. (2020). Mengenal Kosakata Bahasa Arab melalui Permainan Kartu Huruf Hijaiyah yang Dilengkapi Kosakata.
Febriani, E. (2022). The Use of Duolingo Applications to Improve Arabic Vocabulary Learning.
Hafifah, H. (2021). The Effectiveness of Duolingo in Improving Students’ Speaking Skill at Madrasah Aliyah Bilingual Batu School Year 2019/2020. Language-Edu Journal of English Tecahing and Learning, 10(3).
Herlina, E., Yundayani, A., & Astuti, S. (2022). Penggunaan Duolingo sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, III.
Hermawan, A. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Remaja Rosdakarya.
Hidayat, A. (2021). Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas-Reliabilitas. Health Books Publishing.
Isnawan, M. G. (2020). Kuasi-Eksperimen. Nashir Al-Kutub Indonesia.
Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. Antasari Press.
Kadir, M. A. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Duolingo dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas XI MAN 2 Kota Makassar. Universitas Muhammadiyah Malang.
Khairani, M. (2013). Psikologi Belajar. Aswaja Pressindo.
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilam Sampel Purposive dan Snowball Sampling. Jurnal Historis, 6(1).
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2).
Maknuna, S. L., Alhafidz, A. Z., & Setiyawan, A. (2023). Educational Disruption in Arabic Language Learning (Psycholinguistic Perspective). Insyirah: Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Studi Islam, 6(1).
Manoppo, N., Aliyya Laubaha, S., & Basarata, N. (2023). Ragam Aplikasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Assuthur: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2).
Montolalu, C., & Langi, Y. (2018). Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). d’CARTESIAN, 7(1).
Mulia, H. G., Nurlaila, I., Naufal, M., & Ali, A. W. S. (2023). Pengaruh Gamifikasi terhadap Keaktifan Peserta Didik dalam Pembelajaran Maharah Bahasa Arab. Prosiding Seminar Nasional OPPSI, 2.
Nasrulloh, M. F., Nasoih, A. K., Satiti, W. S., & Khansa, S. (2018). Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab melalui Pelatihan dan Permainan Bahasa Arab.
Nasrum, A. (2018). Uji Normalitas Data untuk Penelitian. Jayapangus Press.
Nuha, U. (2021). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam. 2(2).
Nuryadi, N. (2020). Dasar-dasar Statistik Penelitian. SIBUKU MEDIA.
Oktavia, M., & Prasasty, A. T. (2019). Uji Normalitas Gain untuk Pemantapan dan Modul dengan One Group Pre and Post Test.
Pandriadi, P. (2020). Statistika Dasar. Widina Media Utama.
Putri, A. A. (2023, February 15). Wawancara Pribadi Siswa Kelas IX C [Personal communication].
Ramadhani, R., & Bina, N. S. (2021). Statistika Penelitian Pendidikan: Analisis Perhitungan Matematis dan Aplikasi SPSS. Kencana.
Rifdinal, R. (2021). Keefektifan Penggunaan Duolingo dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris. osialJurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Ss, 2(2).
Santoso, I., & Madistriyatno, H. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Indigo Media.
Sari, A. Q., Sukestiyarno, Y. L., & Agoestanto, A. (2017). Batasan Prasyarat Uji Normalitas dan Uji Homogenitas pada Model Regresi Linear. Unnes Journal of Mathematics, 7(2).
Septiani, I., Lesmono, A. D., & Harimukti, A. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Stem pada Materi Vektor di Kelas X MIPA 3 SMAN 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2).
Sianturi, R. (2022). Uji Homogenitas sebagai Syarat Pengujian Analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama, 8(1).
Sugiyono, S. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Supit, D. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Power Point dan Minat Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Advent UNKLAB. CogITo Smart Journal, 7(2), 447–459. https://doi.org/10.31154/cogito.v7i2.352.447-459
Suryabrata, S. (1995). Psikologi Pendidikan. PT Raja Grafndo Persada.
Susanti, E., Ritonga, M., & Bambang, B. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 4(1).
Syah, M. (2014). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. PT Remaja Rosdakarya.
Tabroni, I., Nasihah, F., & Bahijah, I. (2021). The Implementation of School Culture-Based Character Education in Salem State Elemnetary School, Pondoksalam Subdistrict, Indonesia. Erudio: Journal of Educational Innovation, 8(2).
Tabroni, I., Sutisna, A., Sobari, A., & Farhan, M. (2022). Duolingo App Effect on Arabic Speaking Skills. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(2).
Widiya Yul & Riko Andrian. (2022). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. El-Fata: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 2(2).
Widyastuti, M., & Kusumadewi, H. (2018). Penggunaan Aplikasi Duolingo Dalam Meningkatkan Kamampuan Kosakata Bahasa Inggris Pada Tenaga Pengajar Bimbingan Belajar Omega Sains Institut. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Wijaya, P. A. (2021). Strategi Know-Want to Know-Learned dan Strategi Direct Reading Thinking Activity. CV. Harian Jateng Network.
Yahaya, H., Shaharuddin, H. N., Raup, F. S. A., Ahmad, N. Z., Shafri, M. H., Nazmi, M. Z. M., & Abdelhamid, I. Y. (2021). Aplikasi Mudah Alih Pembelajaran Asas Bahasa Arab bagi Peringkat Sekolah Rendah. International Journal for Educational Science and Language Arts (ESLA) 2021, 2(2).
Yazid, A., Ma’arif, M. S., & Firdaus, M. A. (2023). Tatsir Tathbiq Washilah Duolingo li Tarqiyah Itqan al-Mufaradat lada al-Thullab fi al-Fashl al-Tsamin bi Madrasah al-Mutawasithah al-Islamiyah al-Hukumiyah 6 Nganjuk. Al Wasil, 1(1).
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).
DOI: https://doi.org/10.15408/a.v11i2.37491 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
© Copyright CC BY-SA Arabiyat, p-ISSN: 2356-153X, e-ISSN: 2442-9473 |