Perukunan Tsamaratul Insan dan Perannya Dalam Menghadapi Perubahan Sosial Budaya Di Provinsi Jambi

Siti Mariah Ulfah, Siti Asiah Wahyuni Hawasyi

Abstract


The study is aimed at identifying how the existence of four madrassas established by Perukunan Tsamaratul Insan in dealing with social change and development in the city of Seberang Jambi. This study uses a qualitative approach and historical method with steps: determining the topic; heuristics; verification; interpretation; historiography. The study finds out that the existence of the four madarasas in social change and development in the opposite city indeed felt less by the local community, because the community itself is less interested in sending their children to the madrasa. However, the efforts made have been able to redevelop the enthusiasm and contribution of the madrasa towards community development and vice versa. It is also the Social Change of the Community that influences the development of the four madrassas through management innovation from the madarasas system to the Modern Islamic Boarding School system, social organizations formation by the community such as the Jambi Seberang Community Community (JSCC), Jambi Lecturers Opposite City (JLOC), Jambi City Student Forum (JCSF) participate in giving suggestions and assistance criticism. It can be concluded that in the midst of social change and the development of modern education, the people of Seberang Jambi still have great expectation for madrassas and the Islamic education system which is manifested in the support of various communities in the development of the four madrassas.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana eksistensi empat madrasah yang didirikan oleh Perukunan Tsamaratul Islam dalam menghadapi perubahan sosial dan pembangunan di kota Seberang Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif historis dengan langkah-langkah: penetapan topik; heuristik; pemeriksaan atau pengujian  terhadap kebenaran laporan; interpretasi; dan historiografi. Hasil penelitian yaitu eksistensi keempat madarasah dalam perubahan sosial dan pembangunan di kota Seberang memang dirasakan kurang oleh masyarakat setempat, karena masyarakat sendiri kurang berminat menyekolahkan anaknya di madrasah tersebut. Namun usaha-usaha yang dilakukan saat ini telah dapat mengembangkan kembali semangat dan kontribusi madrasah terhadap perkembangan masyarakat dan begitu pula sebaliknya. Perubahan sosial masyarakat jugalah yang dapat mempengaruhi perkembangan keempat madrasah tersebut yaitu melalui inovasi pengelolaan dari sistem madarasah ke sistem pondok pesantren modern, pendirian organisasi kemasyarakatan oleh masyarakat, antara lain Komunitas Masyarakat Jambi Kota Seberang (KMJKS), Dosen Jambi Kota Seberang (DJKS), serta Forum Mahasiswa Jambi Kota Seberang (FMJKS). Dapat disimpulkan bahwa ditengah perubahan sosial dan perkembangan pendidikan modern, masyarakat Seberang Jambi masih memiliki kepedulian tinggi terhadap madrasah dan sistem Pendidikan Islam yang diwujudkan dalam dukungan berbagai komunitas masyarakat dalam perkembangan empat madrasah tersebut.

 

تهدف هذه الدراسة إلى تحديد كيفية وجود أربعة مدارس دينية أنشأها Perukunan Tsamaratul Insan في مواجهة التغيير الاجتماعي والتنمية في مدينة سيبيرانج جامبي. و تستخدم هذا البحث المدخل الكيفي مع الطريقة التاريخية بالخطوات التالية: تحديد الموضوع؛ الاستدلال؛ التحقيق أو الاختبار على حقيقة التقرير؛ التفسير؛ والتاريخ. كانت أربعة مدارس في مدينة سيبيرانج  لا تؤثر على التغيير الاجتماعي والتنمية للمجتمع المحلي بسبب قلة الاهتمام على تربية الأطفال. في الواقع، التغيير الاجتماعي أيضًا يؤثرعلى تطور أربعة مدارس من خلال الابتكار الإداري (من نظام المدارس إلى نظام المدارس الداخلية الحديثة)، وإنشاء المنظمات المجتمعية من قبل (Komunitas Masyarakat Jambi Kota) KMJKS، (Dosen Jambi Kota Seberang) DJKS ،  و  .(Forum Mahasiswa Jambi Kota Seberang) FMJKS لذالك، استنتج الباحث أن أهالي سيبيرانج جامبي لا يزالون الاهتمام على المدارس ونظام التعليم الإسلامي الذي يتجلى في دعم المجتمعات المجتمعية المختلفة في تطوير أربعة مدارس.


Keywords


existence; education; Perukunan Tsamaratul Insan; social change

References


Abdillah, F. (2018). Pengertian dan Ciri-ciri Perubahan Sosial Budaya. Ruangguru. https://blog.ruangguru.com/pengertian-dan-ciri-ciri-perubahan-sosial-budaya

Abror, M. (2019). Langkah-Langkah dalam Penelitian Sejarah (Heuristik, Verifikasi,Interpretasi, dan Historiografi). Ayoksinau.Com. https://www.ayoksinau.com/langkah-langkah-dalam-penelitian-sejarah-heuristik-verifikasiinterpretasi-dan-historiografi/

Al, Y. (2019). √ 5 Langkah-langkah Penelitian Sejarah Lengkap dan Rinci! Cerdika.Com. https://cerdika.com/langkah-langkah-penelitian-sejarah/#Langkah-langkah_penelitian_sejarah_dan_penjelasannya

Alumni, I. (2019). Wawancara.

Anonim. (2002). Al-Quran dan Terjemahan. PT. Karya Toha Putra.

Undang-Undang Sisem Pendidikan Nasional, no. Nomor 20 Tahun 2003, DPR RI (2003).

Arofah, R. (2012). Eksistensi Pondok Pesantren dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edukasi.

Bafadhal, M. (1984). Masuknya Islam di Daerah Jambi.

Bening Diniarti, E. (2018). Macam-macam Sumber Sejarah. Ruangguru. https://blog.ruangguru.com/macam-macam-sumber-sejarah

Berry, D. (2003). Pokok-Pokok Pikiran dalam Sosiologi (Terjemah). PT. Raja Grafindo Persada.

Fadli, F. (2012). PENELITIAN SEJARAH (HISTORICAL RESEARCH). Fadlibae.Blogspot. https://fadlibae.wordpress.com/2012/01/30/penelitian-sejarah-historical-rsearch/

Guru, I. (2019). Wawancara.

Hasinta, F. (2015). Eksistensi Manusia—Kompasiana. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/farichaicha/550eac8ea33311ab2dba83a4/eksistensi-manusia

Heryansyah, T. R. (2019). Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli. https://blog.ruangguru.com/7-pengertian-perubahan-sosial-menurut-para-ahli

Maliki, Z. (2010). Sosiologi Pendidikan. Gadjah Mada University Press.

Masitoh. (2017). Tsamarotul Insan dan Perkembangan Islam di Kota Jambi (1951-1972M). UIN Sunan kalijaga.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi (Revisi). PT. Remaja Rosda Karya.

Nursyahfitriyah. (2014). Pengaruh Perubahan Sosial Terhadap Pendidikan. Blogspot. https://nursyafitriahcellow.blogspot.com/2014/08/makalah-pengaruh-perubahan-sosial.html

Shodiq, M. (2011). Pesantren dan Perubahan Sosial. Islam, Jurnal Sosiologi, 2(2).

Soekanto, S. (2004). Pengantar Sosiologi. Rajawali Press.

Sukardi. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta Bumi Aksara.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/bat.v26i1.13608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Siti Mariah Ulfah, Siti Asiah Wahyuni Hawasyi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.