ANALISIS NILAI TAMBAH PRODUK TURUNAN MADU PADA CV. MADU APIARI MUTIARA CIMANGGIS, DEPOK, JAWA BARAT

Fahmi Noval Amar, Eny Dwiningsih, Armaeni Dwi Humaerah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk menentukan rasio nilai tambah,produktivitas, dan margin distribusi yang dihasilkan dari setiap produk yangberasal dari madu, dan 2) untuk menentukan efisiensi produk turunan maduselama periode analisis dari tahun 2012 sampai 2013. penelitian ini dilakukan diCV. Madu Apiari Mutiara terletak di Depok, Jawa Barat. Metode Hayami, rasioproduktivitas dan rasio R / C yang digunakan untuk menganalisis data. Hasil darianalisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata tambah per produksi seluruhproduk Rp 20.892,90, - atau dengan rata-rata nilai tambah rasio 35,65%. Produkdengan produktivitas tertinggi adalah madu shampoo. Secara keseluruhan, nilai R/ C sebesar 1,90 menunjukkan efisiensi bisnis produk turunan madumenguntungkan dan layak untuk dikembangkan.

Keywords


nilai tambah; marjin; madu; hayami, R/C

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15408/aj.v10i1.9214 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

CrossRefCrossRefCrossRef

CrossRefCrossRefCrossRef

ISSN:1979-0058

AGRIBUSINESS JOURNAL CONTACT

Dr., Ir. Elpawati, M.P.

+62813-8466-6693
Chief Editor Agribusiness Journal
Department of Agribusiness Faculty Sains and Technology
State Islamic University Syarif Hidayatullah Jakarta, Banten, Indonesia
Jl. Ir.H. Juanda No. 95 Ciputat Tangerang 15412
Tel : +62 877 8030 2523 (WhatsUp Text Only)
Email: agribusiness.journal@uinjkt.ac.id

 

 

View My Stats