PENGARUH FAKTOR BUDAYA, SOSIAL, PRIBADI, DAN PSIKOLOGI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RESTORAN GADO-GADO BOPLO (Studi Kasus: Restoran Gado-Gado Boplo Panglima Polim Jakarta Selatan)

Agung Suprayitno, Siti Rochaeni, Rahmi Purnomowati

Abstract


Tujuan Penelitian untuk mengetahui  : (1)  karakteristik responden terhadap keputusan pembelian (2)pengaruh faktor budaya terhadap keputusan pembelian konsumen  (3) pengaruh faktor sosial terhadap keputusan pembelian konsumen (4) pengaruh faktor pribadi terhadap keputusan pembelian konsumen.(5) pengaruh faktor psikologi terhadap keputusan pembelian konsumen  (6)  pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologi terhadap keputusan pembelian konsumen Hasil penelitian ini yaitu: 1) Karakteristik responden yang melakukan pembelian di Restoran Gado-Gado Boplo sebagian besar adalah laki-laki sudah menikah pada usia dewasa (25-50 tahun). Pekerjaan paling dominan adalah Pegawai Negeri Sipil, sebagian pegawai swasta. Pendidikan terakhir konsumen Gado-Gado Boplo mayoritas sarjana. Alasan konsumen membeli produk dari Restoran Gado-Gado Boplo karena kualitas. 2) Faktor budaya berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan memiliki arah positif, dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,119, nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,258>1,96), dan nilai signifikansi sebesar 0,026<0,05. 3) Faktor sosial berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan memiliki arah positif, dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,358, nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (4,736>1,96) dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. 4) Faktor pribadi berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan memilki arah positif, dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,156, nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,301>1,96), dan nilai signifikansi sebesar 0,024 <0,05. 5) Faktor psikologi berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan memilki arah positif, dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,164, nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (2,747>1,96), dan nilai signifikansi sebesar 0,007 <0,05. 6) Faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologi berpengaruh terhadap keputusan pembelian.


Keywords


Faktor Budaya; Sosial; Pribadi; Psikologi; Keputusan Pembelian Konsumen; Restoran Gado-Gado Boplo Panglima Polim; Jakarta Selatan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15408/aj.v9i2.5293 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

CrossRefCrossRefCrossRef

CrossRefCrossRefCrossRef

ISSN:1979-0058

AGRIBUSINESS JOURNAL CONTACT

Dr., Ir. Elpawati, M.P.

+62813-8466-6693
Chief Editor Agribusiness Journal
Department of Agribusiness Faculty Sains and Technology
State Islamic University Syarif Hidayatullah Jakarta, Banten, Indonesia
Jl. Ir.H. Juanda No. 95 Ciputat Tangerang 15412
Tel : +62 877 8030 2523 (WhatsUp Text Only)
Email: agribusiness.journal@uinjkt.ac.id

 

 

View My Stats