ANALISIS KEPUASAN PETANI TERHADAP KEGIATAN PENYULUHAN PERTANIAN DI KELURAHAN KALAMPANGAN, KOTA PALANGKA RAYA KALIMANTAN TENGAH

B, Berkat, Revi Sunaryati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan petani di Kelurahan Kalampangan
terhadap kegiatan penyuluhan pertanian, dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi
kepuasan petani. Kepuasan petani terhadap kegiatan penyuluhan pertanian merupakan
syarat penting agar kegiatan penyuluhan pertanian berjalan secara efektif. Kepuasan pada
petani akan membuat petani secara sadar dan berkemauan tinggi untuk melakukan
perubahan dalam berusahatani yang memungkikan mereka mencapai keberhasilan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Lokasi penelitian
adalah Kelurahan Kalampangan karena merupakan sentra produksi pertanian bagi
masyarakat Kota Palangka Raya. Responden penelitian adalah petani dalam kelompok tani,
yang diambil sebanyak 2 orang dari setiap kelompok tani. Analisis data dengan cara
deskriptif dan statistik non parametrik yaitu Korelasi Spearman.Hasil penelitian didapatkan
bahwa, para petani di Kelurahan Kalampangan merupakan petani yang tergabung dalam
21 kelompok tani, dengan jumlah petani anggota mencapai 520 petani. Bidang usaha yang
dikelola oleh para petani kalampangan cukup banyak dan beragam, seperti usaha pertanian
(palawija, sayur-sayuran, buah-buahan), peternakan (sapi, kambing/domba, kerbau, ayam),
dan perkebunan (kelapa). Tingkat kemampuan kelompok tani cukup bervariasi, mulai dari
kelas pemula hingga madya, dengan sebaran terdapat sebanyak 1 kelompok kelas pemula
(4,76%), 12 kelompok kelas lanjut (57,14%), dan 8 kelompok kelas madya (38,1%). Data
yang dikumpulkan sampel 42 petani melalui kuesioner. Maka data dianalisis dengan
menggunakan statistik deskriptif dan nonparametric yang sudah Penombak dinaikkan
korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan petani tentang extesion kegiatan
usaha tani telah puas kategori. Dimensi dari kualitas layanan yang nyata, keandalan,
responseiveness, jaminan dan empati, adalah korelasi positif dengan kepuasan petani di
desa Kalampangan, kota Palangka Raya.

Keywords


kepuasan, ekstensifikasi pertanian, kualitas pelayanan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15408/aj.v9i1.5063 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

CrossRefCrossRefCrossRef

CrossRefCrossRefCrossRef

ISSN:1979-0058

AGRIBUSINESS JOURNAL CONTACT

Dr., Ir. Elpawati, M.P.

+62813-8466-6693
Chief Editor Agribusiness Journal
Department of Agribusiness Faculty Sains and Technology
State Islamic University Syarif Hidayatullah Jakarta, Banten, Indonesia
Jl. Ir.H. Juanda No. 95 Ciputat Tangerang 15412
Tel : +62 877 8030 2523 (WhatsUp Text Only)
Email: agribusiness.journal@uinjkt.ac.id

 

 

View My Stats