ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB BULLYING DI KALANGAN PESERTA DIDIK
Abstract
Abstract
This study examines the family factors, factors peers, and the mass media factor as a cause of bullying among students of SMPN 2 South Tangerang City. The research method using qualitative methods, and the type of research is a case study. Researchers took the data by interviewing, observation and documentation. In this study, researchers obtained data: (1) family factors underlying causes of bullying behavior among learners either because less harmonious family, (2) factors peer into the causes of bullying among students one of them due to the high intensity of communication among peers that enable learners are incited by his friends who negatively oriented, (3) the mass media factor is causing the bullying behavior among learners, for their abuse of social media as a medium to carry out the bully in the form of non-verbal.
Abstrak
Penelitian ini meneliti tentang faktor keluarga, faktor teman sebaya, dan faktor media massa sebagai penyebab bullying di kalangan peserta didik SMPN 2 Kota Tangerang Selatan. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Peneliti mengambil data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti memperoleh data: (1) faktor keluarga menjadi penyebab timbulnya perilaku bullying di kalangan peserta didik salah satunya karena keluarga yang kurang harmonis, (2) faktor teman sebaya menjadi penyebab timbulnya perilaku bullying di kalangan peserta didik salah satunya karena tingginya intensitas komunikasi antar teman sebaya yang memungkinkan peserta didik ini terhasut oleh teman-temannya yang berorientasi negatif, (3) faktor media massa menjadi penyebab timbulnya perilaku bullying di kalangan peserta didik, karena adanya penyalahgunaan media sosial sebagai media untuk melakukan bully dalam bentuk non-verbal (teks).
Pengutipan: Lestari, W. S. (2016). Analisis Faktor-faktor Penyebab Bullying di Kalangan Peserta Didik. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 3(2), 2016, 147-157. doi:10.15408/sd.v3i2.4385.
Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.15408/sd.v3i2.4385
Keywords
DOI: 10.15408/sd.v3i2.4385
Refbacks
- There are currently no refbacks.