Strategi Labeling, Packaging dan Marketing Produk Hasil Industri Rumah Tangga

Mohammad Liwa Irrubai

Abstract


Abstract:

This research is focused to see the implementation of the strategy of labeling, packaging, and marketing of industrial products in the village of Karang Bajo, Bayan District, North Lombok, West Nusa Tenggara. The research method used is a qualitative research, with data sources 10 businesses in the village of Karang Bajo, Bayan District, North Lombok, West Nusa Tenggara. Data collected through observation, interviews, and documentation, while mnggunakan data analysis data analysis domain. The results showed that the strategy of labeling, packaging, and marketing industrial products household in the village of Karang Bajo Bayan District, North Lombok, West Nusa Tenggara, can be performed well although still traditional but from time to time to change direction better.

Abstrak:

Penelitian ini difokuskan untuk melihat penerapan strategi labeling, packaging, dan marketing produk hasil industri di Desa Karang Bajo, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Metode Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif, dengan sumber data 10 orang pelaku usaha di Desa Karang Bajo, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data mnggunakan analisis data domain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi labeling, packaging, dan marketing produk hasil industri rumah tangga di Desa Karang, Bajo Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, dapat dilaksanakan dengan baik meskipun masih bersifat tradisional akan tetapi dari waktu ke waktu mengalami perubahan ke arah yang lebih baik.

Pengutipan: Irrubai, M. L. (2016). Strategi Labeling, Packagingdan MarketingProduk Hasil Industri Rumah Tangga. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 3(1), 2016, 17-26. doi:10.15408/sd.v3i1.3794.

Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.15408/sd.v3i1.3794


Keywords


labeling, packaging; marketing; home industry; labeling; packaging; marketing; industri rumah tangga.

References


Angipora, Marinus, 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Anoraga, Pandji dan Djoko Sudantoko. 2002. Koperasi, Kewirausahaan, dan Usaha Kecil. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Assauri, Sofjan, 1992. Menejemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Rajawali Pers.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia. 2007. Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia Nomor: HK 00.05.55.6497 tentang Bahan Kemasan Pangan. Jakarta.

Basu Swastha. 1984. Azas-Azas Marketin.,Yogyakarta: Liberty.

Danger, E.P. 1992.Memilih Warna Kemasan. Jakarta: PT. Pustaka Bina Pressindo.

Ibrahim, dan Sudjana, N. 1989, Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru.

Kotler, Philip, 2000. Manajemen Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Prenhallindo.

Moehajir, Noeng, 1996, Metode Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta : Penerbit Rake Sarasin, Edisi III.

Moleong, J., L., 1994, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. 1996, Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, Bandung: Tarsito.

Pemerintah Republik Indonesia. 1999. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan. Jakarta.

Roth, Laszlo, 1990. Packaging Design: An Introduction. New York.

Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Alfabeta, Bandung.

Tjiptono, Fandy, 1997. Strategi Pemasaran Edisi 2. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wirya, Iwan, 1999. Kemasan yang Menjual. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/sd.v3i1.3794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.