Pengaruh Aplikasi Google Earth terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X di SMA Nurul Falaah Gunung Sindur

Nurul Adelina, Andri Noor Ardiansyah, Syairul Bahar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran geografi berbasis teknologi geospasial yaitu Google Earth terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMA Nurul Falaah Gunung Sindur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Eksperimen Semu (Quasi Eksperiment) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X.1 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan media pembelajaran aplikasi Google Earth dan kelas X.2 sebagai kontrol yang diberi perlakuan media pembelajaran Microsoft Power Point dan LKS. Pengambilan data menggunakan instrumen pretest dan posttest berbentuk pilihan ganda dan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dan observasi. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh aplikasi Google Earth terhadap kemampuan berpikir spasial siswa di kelas X.1 SMA Nurul Falaah Gunung Sindur. Perolehan rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 82,12 dan kelas kontrol sebesar 62,22. Analisis data menggunakan uji Paired Sample T-Test dari data hasil perhitungan diperoleh taraf signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 karena signifikansi lebih kecil dari 0,005 (0,000 < 0,005), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh aplikasi Google Earth terhadap kemampuan berpikir spasial siswa.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Aplikasi Google Earth, Kemampuan Berpikir Spasial

Full Text: PDF

DOI: 10.15408/sd.v10i2.35783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.