Aktualisasi dan Implementasi Meaningfull Learning dan Powerfull Learning dalam Pembelajaran Wawasan IPS di Indonesia

Mohammad Liwa Irrubai

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan bahwa dalam proses pembelajaran dosen dituntut mampu menerapkan metode dan model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi mahasiswa, hal ini berpengaruh dalam proses pembelajaran karena sering terjadi dosen kurang memahami model dan metode pembelajaran yang harus digunakan sehingga pada mata kuliah seperti Wawasan IPS yang memiliki materi yang banyak tidak tersampaikan dengan maksimal. Untuk mengatasi hal tersebut, pembelajaran dengan meaningfull learning dan powerfull learning merupakan model yang dapat dijadikan alternatif untuk memberikan pemahaman secara kognitif, afektif maupun psikomotorik kepada mahasiswa dengan kemampuan yang berbeda-beda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Pengumpulan data: participant observation, in-depth interviews, dan documentation. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Wawasan IPS di UIN Malang menerapkan meaningfull learning dan powerfull learning dengan menggunakan motode project dan problem solving, sedangkan di UIN Mataram menggunakan metode inkuiri, dengan penerepan kedua metode tersebut mahasiswa dilatih belajar dengan menggunakan kemampuan kognitif, afekt dan psikomotorik secara efektif. Kata Kunci: Meaningfull Learning, Powerfull Learning, Pembelajaran Wawasan IPS

Full Text: PDF

DOI: 10.15408/sd.v10i2.35638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.