Analisis Faktor-Faktor Penghambat Siswa dalam Pembelajaran Online Mata Pelajaran IPS di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Siswa Kelas IX SMP Paramarta)

Khoirotunnisa Khoirotunnisa, Anissa Windarti

Abstract


Dalam setiap proses belajar baik melalui sistem pembelajaran offline maupun online seperti di masa pandemi covid-19 saat ini terdapat berbagai faktor yang memengaruhi proses belajar yang dapat menjadi penghambat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat siswa kelas IX SMP Paramarta dalam menjalani pembelajaran online di mata pelajaran IPS selama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IX A. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa proses pembelajaran online mata pelajaran IPS dilaksanakan sesuai dengan prosedur pembelajaran yang telah ditetapkan sekolah. Adapun faktor-faktor yang menghambat siswa dalam belajar mata pelajaran IPS berasal dari faktor eksternal dan faktor internal. Hambatan utama berasal dari faktor eksternal, yaitu faktor sekolah, factor keluarga, serta sarana dan prasarana terutama jaringan internet yang sering kali tidak stabil atau buruk. Kemudian, selain hambatan utama yang berasal dari faktor eksternal, siswa juga merasakan hambatan yang berasal dari faktor internal, yaitu kurangnya rasa keinginan dari dalam diri siswa untuk belajar. Oleh karena itu, siswa jadi mudah merasa jenuh dan lelah.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/sd.v9i1.24933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.