PENGEMBANGAN SIKAP ECOPRENEURSHIP PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI PROJECT-BASED LEARNING (Penelitian Eksperimen Semu di Kelas VII SMPN 2 Wado Kabupaten Sumedang)

Sigit Widodo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata peningkatan sikap ecopreneurship peserta didik dalam pembelajaran IPS melalui project-based learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu, dengan pretest-postest nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Wado Kabupaten Sumedang pada Kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukkan tidak terdapat perbedaan sikap ecopreneurship peserta didik yang signifikan dalam pembelajaran IPS setelah menerapkan project-based learning dan pada kelas kontrol menunjukkan tidak terdapat perbedaan sikap ecopreneurship peserta didik yang signifikan dalam pembelajaran IPS yang menerapkan metode ceramah, serta tidak terdapat perbedaan sikap ecopreneurship peserta didik yang signifikan dalam pembelajaran IPS antara kelas eksperimen setelah menerapkan project-based learning dengan kelas kontrol yang menerapkan metode ceramah. Dengan demikian,  maka dapat dikemukakan kesimpulan bahwa penerapan project-based learning dan metode ceramah tidak efektif untuk mengembangkan sikap ecopreneurship peserta didik dalam pembelajaran IPS.

Full Text: PDF

DOI: 10.15408/sd.v5i2.10547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.