Hubungan Literasi Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.15408/elementar.v3i2.33765Keywords:
Literasi Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah, Korelasi.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah terdapat hubungan literasi matematis dengan kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas IV SD Al-Fath Cirendeu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode penelitian korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SD Al-Fath Cirendeu dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas IV dan jumlah sampel 65 siswa. Pengambilan sampel menggunakan cara simple random sampling. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes. Hasil analisis data literasi matematis dengan kemampuan pemecahan masalah memperoleh nilai sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara literasi matematis dengan kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas IV SD Al-Fath Cirendeu.References
Aini, N. M. N. (2022). Korelasi Kemampuan Literasi Numerasi dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Pecahan Kelas V SD Negeri Sebani II. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Amaliya, I., & Fathurohman, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SDN Mangunjiwan 1 Demak. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 5(1), 45–56.
Asmara, A. S., Waluya, S. B., & Rochmad, R. (2017). Analisis kemampuan literasi matematika siswa kelas X berdasarkan kemampuan matematika. Scholaria, 7(2), 135–142.
Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.
Krulik, Stepen & Rudnick, Jesse A., (1988). Problem Solvings. Boston: Temple University.
Marsudi Raharjo dkk. (2009). Pembelajaran Soal Cerita di SD. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional (PPPPTK Matematika).
OECD. (2018). PISA 2018 Results Combined Executive Summaries Volume I, II, & III: What Students Know and Can Do. Retrieved from www.oecd.org/about/publishing/corrigenda.htm.
PISA, O. (2013). Assessment and Analytic Framework. OECD: Paris, France.
Polya, G. (1973). How to Solve It. Princeton: Princeton University Press.
Polya, Geogre. (1980). On Solving Mathematical Problems in High School. New Jersey: Princeton University Press.
Raharjo, M., Ekawati, E., & Rudianto, Y. (2009). Modul matematika Sd program Bermutu: pembelajaran soal cerita di SD.
Rahma Muti’ah, dkk. (2020). Literasi Matematika: Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Melalui Kegiatan Pembelajaran (Cetakan I). Yogyakarta: Deepublish.
Samosir, E. (2022). Kemampuan Literasi Matematika: Kaitannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 4(1), 60–72.
Stacey, K. (2011). The PISA view of mathematical literacy in Indonesia. Journal on Mathematics Education, 2(2), 95–126.
Stacey, K., & Turner, R. (2014). Assessing mathematical literacy. Springer.
Suryaningsih, T. (2019). Evaluasi Kemampuan Dasar Pemecahan Masalah Siswa Berdasar Heuristik Krulik-Rudnick Materi Geometri. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 2(1), 9–13.
Tunu, D. J. I., Daniel, F., & Gella, N. J. M. (2022). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa ditinjau dari Gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1499–1510.
Utami, N., Sukestiyarno, Y. L., & Hidayah, I. (2020). Kemampuan literasi dalam menyelesaikan soal cerita siswa kelas IX A. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 3, pp. 626–633).
Wahyuddin. (2016). Analisis kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari kemampuan verbal. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 148–160.
Wigati, T. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa SD pada Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Pendekatan PMRI. Universitas Negeri Semarang.
