Uji Aktivitas Antibakteri dari Ekstrak Rumput Mutiara (Hedyotis corymbosa (L.) Lamk)

Lela Mukmilah, Zalinar Udin, Elis Lisnawati

Abstract


Rumput mutiara merupakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat tradisional, tanaman ini termasuk kedalam famili tumbuhan Rubiaceae. digunakan sebagai obat alternatif penyebab penyakit infeksi yang disebabkan karena masuknya mikroorganisme kedalam tubuh. Salah satu mikroorganisme yang mengakibatkan penyakit ini adalah bakteri ( Amonim, 1993). Antibakteri adalah senyawa kimia yang dapat membunuh atau memghambat pertumbuhan mikroorganisme penyebab penyakit dengan kerusakan minimal jaringan induknya. Dilakukan penelitian aktivitas antibakteri dari ekstrak rumput mutiara (Hedyotis corimbosa (L.) Lamk) terhadap pertumbuhan beberapa bakteri, yang dlilakukan melalui 4 tahapan yaitu tahapan maserasi, tahapan ekstraksi fraksinasi, tahap pengujian fitokimia, dan diteruskan dengan tahap pengujian aktivitas antibakteri menggunakan metode difusi agar, parameter yang digunakan adalah dengan melihat zona terang yang dihasilkan (zona yang tidak terjadi pertumbuhan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam ekstrak rumput mutiara terdapat zat aktif yang berfungsi sebagai antibakteri yang terdapat dalam fraksi metilen klorida, pada fraksi ini aktivitas paling baik dihasilkan oleh bakteri S. Disentry dengan diameter daerah hambatan sebesar 27,5 mm.

Keywords


Antibakteri; Rumput mutiara sebagai tanaman obat.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15408/jkv.v2i5.297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Flag Counter

JURNAL KIMIA VALENSI has been indexed in :

Mountain View

Supported By:

Creative Commons License All Publication by Jurnal Kimia Valensi are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Penerbit: Program Studi Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.Jl. Ir. H. Juanda No. 95, Ciputat, Jakarta 15412, Indonesia, Telp. 021-7492855, Fax. 021-7493351, website: http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/valensi, e-mail: kimia@uinjkt.ac.idISSN: 2460-6065, E-ISSN: 2548-3013