PENERAPAN SIMULASI GARDU TOL KONVENSIONAL DAN OTOMATIS PADA GERBANG TOL FATMAWATI 2

Wulandari Retno Ningsih, Lukman Hakim, Nashrul Hakiem

Abstract


ABSTRAK

Jalan tol adalah bagian dari Jalan Nasional yang perlu dijaga agar tetap berfungsi optimal. Penelitian ini dilakukan di Gerbang Fatmawati 2, yang merupakan salah satu segmen jalan tol terbesar pada bulan Agustus 2017 dan hanya memfasilitasi 2 gardu layanan konvensional yang mengakibatkan penumpukan antrian. Untuk upaya untuk mengurangi panjang antrian di Gerbang Tol, dilakukan simulasi perbandingan antara penggunaan gardu tol konvensional dengan otomatis. Metode yang digunakan dalam simulasi ini adalah metode antrian. Simulasi dilakukan menggunakan perangkat lunak promodel dengan 3 skenario yaitu Konvensional Tube-Konvensional, Konvensional-Otomatis dan Otomatis-Otomatis. Kemudian hasil simulasi di uji dengan perbandingan lebih dari 2 sistem yaitu tes bonferroni. Dari hasil tes Bonferroni dapat disimpulkan dari tiga skenario di atas bahwa gardu tol-otomatis konvensional memiliki hasil terbaik karena dengan panjang dan panjang waktu antrian yang ada memiliki hasil utilitas yang memadai.

 

ABSTRACT

The toll road is part of the National Road which needs to be maintained in order to keep it functioning optimally. The study was conducted at Fatmawati 2 Gate, which is one of the largest toll road segments in August 2017 and only facilitated 2 conventional service substations resulting in the buildup of queues. In order to reduce the length of the queue at the Toll Gate, a simulation which compared the use of conventional toll with automatic toll was conduct. Method used using queuing method. The simulation is done using promodel software with 3 scenarios are Conventional Tube-Conventional, Conventional-Automatic and Automatic-Automatic. Then the result of simulation in test with comparison more than 2 system that is Bonferroni test. From the bonferroni test results can be deduced from the three scenarios above that conventional toll-automatic substations have the best results because with the length and length of time the existing queue has sufficient utility results.

How To Cite : Ningsih, W.R. Hakim, L. Hakiem, N. (2018). PENERAPAN SIMULASI GARDU TOL KONVENSIONAL DAN OTOMATIS PADA GERBANG TOL FATMAWATI 2. Jurnal Teknik Informatika, 11(1), 95-108.  doi 10.15408/jti.v11i1.7032

Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.15408/jti.v11i1.7032

 


Keywords


Simulation, Toll Gate, Toll Road, Queue System, Queue Theory

Full Text:

PDF

References


B. P. Sodikin, Bambang Riyanto, “Kajian Masalah Antrian Pada Sistem Pengumpulan Tol Konvensional Terhadap Rancangan Sistem Pengumpulan Tol Elektronik,” Universitas Diponegoro, 2006.

D. M. P. Tol, Panduan Perusahaan. Bekasi, 2016.

D. F. Nur Ali, “Studi Antrian di Gerbang Tol Tamalanrea Seksi IV Makassar,” Fak. Tek., vol. 5, p. 9, 2012.

Charles Harrell, B. K. Ghosh, and R. Bowden, Simulation Using Promodel, 2nd ed. New York: McGraw-Hill/Higher Education, 2004.

P. . Prof. Ofyar Zainuddin Tamin, Ir., M.Sc (Eng)., Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, 2nd ed. Bandung: ITB, 2000.

I. Yolanda, S. Susanty, and H. Prasetiyo, “Estimasi Jumlah Gardu Keluar Tol Pateur yang Optimal Menggunakan Model Anrean Tingkat Aspirasi,” Online Inst. Teknol. Nas., vol. 1, 2013.

M. P. Wulandari and H. Arif, “Analisis Efektifitas Pelayanan Antrian pada Gardu Tol Otomatis dan Gardu Tol Reguler,” Univ. Indones., vol. 8, p. 1, 2013.

I. M. A. Anthara, “Analisis Sistem Antrian Gerbang Tol Pasteur Bandung di PT Jasa Marga (Persero) tbk,” Ilm. Unikom, vol. 12, p. 1, 2011.

N. Winarsih and J. Kusumaningrum, “Analisis Kapasitas Gerbang Tol Karawang Barat,” Psikologi, Ekon. Sastra, Arsit. Tek. Sipil, vol. 5, p. 9, 2013.




DOI: https://doi.org/10.15408/jti.v11i1.7032 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Prodi Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Lantai 3, Prodi Teknik Informatika, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Jl. Ir. H. Juanda No.95, Cempaka Putih, Ciputat Timur. 
Kota Tangerang Selatan, Banten 15412
Tlp/Fax: +62 21 74019 25/ +62 749 3315
Handphone: +6281371798903
E-mail: jurnal-ti@uinjkt.ac.id


Creative Commons Licence
Jurnal Teknik Informatika by Prodi Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/ti.

 

JTI Visitor Counter: View JTI Stats

 Flag Counter