PROTOTIPE ALAT MONITORING RADIOAKTIVITAS LINGKUNGAN, CUACA DAN KUALITAS UDARA SECARA ONLINE DAN PERIODIK BERBASIS ARDUINO (STUDI KASUS: BATAN PUSPIPTEK SERPONG)

Yudhaniristo Yudhaniristo

Abstract


Kegiatan monitoring lingkungan suatu kawasan yang memiliki fasilitas penelitian perlu dilakukan karena masyarakat disekitarnya perlu mengetahui faktor lingkungan yang bisa mempengaruhi kesehatannya. Salah satu kawasan yang memiliki fasilitas penelitian adalah PUSPIPTEK Serpong, terdapat fasilitas nuklir riset. Fasilitas nuklir ini akan menghasilkan tingkat radioaktivitas selain  itu kendaraan truk disekitar kawasan ini akan menghasilkan polusi akibat hasil pembakaran yang tidak sempurna dan bisa mempengaruhi kesehatan masyarakat. Pihak BATAN juga memiliki suatu kegiatan yaitu monitoring lingkungan fasilitas nuklir, kegiatan ini untuk mengetahui kadar radioaktivitas dari fasilitas nuklir lalu informasinya disebarkan ke masyarakat melalui website. Oleh karena itu, penulis menilai perlu membuat suatu alat yang dapat memonitoring lingkungan pada kawasan PUSPIPTEK ini  secara online dan periodik. Prototipe alat ini bertujuan memonitoring tingkat radioaktivitas gamma gross, cuaca (suhu, kelembaban, arah kecepatan angin, curah hujan) kualitas udara (gas CO dan Co2), lalu hasil monitoring tersebut dikirim secara langsung dan otomatis dengan ethernet shield ke server. Tingkat radioaktivitas gamma perlu dipantau karena  radioaktivitas gamma mempunyai daya tembus yang besar dan bisa mempengaruhi kesehatan sedangkan gas CO dan CO2 berbahaya bagi kesehatan karena tidak bisa dirasakan oleh indera manusia. Melalui alat ini diharapkan kawasan puspitek bisa memonitoring lingkungan khususnya keadaan tingkat radioaktifitas dan kualitas udara serta bisa menyediakan informasi mengenai keadaan lingkungan PUSPIPTEK pada website yang telah tersedia.

Kata Kunci: Alat Monitoring Lingkungan, Radioaktivitas,Radiasi, Kualitas Udara, Arduino, Online.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15408/jti.v8i1.1934 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Yudhaniristo Yudhaniristo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

3rd Floor, Dept. of Informatics, Faculty of Science and Technology, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Jl. Ir. H. Juanda No.95, Cempaka Putih, Ciputat Timur. 
Kota Tangerang Selatan, Banten 15412
Tlp/Fax: +62 21 74019 25/ +62 749 3315
Handphone: +62 8128947537
E-mail: jurnal-ti@uinjkt.ac.id


Creative Commons Licence
Jurnal Teknik Informatika by Prodi Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/ti.

 

JTI Visitor Counter: View JTI Stats

 Flag Counter