PENGARUH FAKTOR SOSIAL, BUDAYA, PRIBADI DAN PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN BUNGA POTONG (Studi Kasus Pondok Lily Rawa Belong, Jakarta Barat)

Vivi Ataini, Rahmi Purnomowati, Siti Rochaeni

Abstract


The objectives of this study were to: (1) know the characteristics of consumers; (2) determine how much influence social, cultural, personal and psychological factors (each factor) had on consumer purchasing decisions; and (3) determine how much influence the four factors above (collectively) had on the consumer purchasing decisions of cut flowers at Pondok Lily. The results of this study were: 1) The consumers of Pondok Lily’s cut flowers were dominated by women aged 20-30 years. Consumers aged 20-30 years represented 42.8%, female represented 67.2%, college graduates represented 65.7%, private company employees represented 51.4%, and income earners of above Rp 5,000,000 represented 40.1% of the population; 2) Social factors had no significant effect on the decision to purchase cut flowers at Pondok Lily. This was because consumers already had experience in buying cut flowers and the availability of online information reduced social interactions. Cultural factors also did not have a significant influence on the decision to buy cut flowers at Pondok Lily, especially because of the lack of habit of using cut flowers on religious events and holidays and the low popularity of special days in their culture. Personal and psychological factors had a significant impact on consumer purchasing decisions of cut flowers at Pondok Lily; 3) Social, cultural, personal, and psychological factors together had a significant effect on the decision to buy cut flowers at Pondok Lily, which represented 45.1% of the decision process.

 

 

Keywords: cut flowers, consumer purchasing decisions, the influence of personal psychological socio-cultural factors, multiple linear regression.

 


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui karakteristik konsumen; (2) mengetahui seberapa besar pengaruh faktor sosial, budaya, pribadi dan psikologis (masing-masing faktor) terhadap keputusan pembelian konsumen; dan (3) mengetahui seberapa besar pengaruh keempat faktor di atas (secara bersama-sama) terhadap keputusan pembelian konsumen bunga potong di Pondok Lily. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Konsumen bunga potong Pondok Lily didominasi oleh wanita berusia 20-30 tahun. Konsumen berusia 20-30 tahun mewakili 42,8%, berjenis kelamin perempuan mewakili 67,2%, berpendidikan akhir perguruan tinggi mewakili 65,7%, berprofesi sebagai karyawan swasta mewakili 51,4%, dan berpendapatan  >   R p  5.000.000 mewakili 40,1% populasi; 2) Faktor sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian bunga potong di Pondok Lily. Hal ini karena konsumen sudah memiliki pengalaman membeli bunga potong dan tersedianya informasi online yang mengurangi interaksi sosial. Faktor budaya juga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian bunga potong di Pondok Lily, terutama karena minimnya kebiasaan menggunakan bunga potong pada acara keagamaan dan hari besar, dan belum membudayanya hari-hari khusus di kalangan mereka. Faktor pribadi dan psikologis berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen bunga potong di Pondok Lily; 3) Faktor sosial, budaya, pribadi, dan psikologis secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian bunga potong di Pondok Lily, yaitu sebesar 45,1%.

Kata kuncibunga potong, keputusan pembelian konsumen, pengaruh faktor sosial budaya pribadi psikologis, regresi linear berganda.



Full Text:

PDF

References


Abdullah, Nurudin. 2015. Rawa Belong: Pasar Bunga Segar Terbesar Di Indonesia. Jakarta: Bisnis.com.

Anshori, Muslich dan Sri Iswati. 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Buku Ajar. Surabaya: Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga.

Azis, Abdul. 2018. Pengaruh Faktor Pribadi dan Faktor Sosial terhadap Keputusan Pembelian di Alfamart Kecamatan Tamalate Kota Makassar. [Skripsi]. Makassar. Program Studi Manajemenn Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Badan Pusat Statistik. 2018. Statistik Tanaman Hias Indonesia. Luas dan Produksi Bunga Potong: BPS

Bungin, Burhan. 2013. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi: Format-format Kuantitatif dan Kualitatif untuk Studi Sosiologi, Kebijakanm Publik Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran. Jakarta. PT. Fajar Interpratama Mandiri

Bungin, Burhan. 2013. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi: Format-format Kuantitatif dan Kualitatif untuk Studi Sosiologi, Kebijakan, Publik, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Boyl L. Walker. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Ahli Bahasa Oleh Imam Nurmawan. Jakarta. Erlangga.

Chaniago, Junaidi. 2010. Titik Persentase Distribusi F (Probablita 0,05). Wordpress.

Chaniago, Junaidi. 2010. Titik Persentase Distribusi t. Wordpress.

Fitriani, Yulia. 2008. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengunjung Agrowisata Taman Wisata Mekarsari dengan Menggunakan Metode Kontingensi. [Skripsi]. Bogor: Program Studi Ekonomi Pertanian dan Sumberdaya Institut Pertanian Bogor.

Ghozali, Imam. 2010. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Hamid, Abdul. 2007. Pedoman Penulisan Skripsi. Jakarta: Penerbit FEIS

Holilah, Lulu. 2005. Analisis Kelayakan Usaha Bunga Potong pada Pusat Promosi dan Pemasaran Hasil Pertanian dan Hasil Hutan Rawabelong. [Skripsi]. Jakarta. Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian/Agribisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium, Jilid 3: Penerbit Indeks. Kotler, Philip, Kevin Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas Jilid 1. Indonesia: Penerbit PT Indeks Jakarta.

Kotler, Philip, Kevin Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas

Jilid 1. Indonesia: Penerbit PT Indeks Jakarta

Kotler, Philip, Kevin Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas

Jilid 1. Indonesia: Penerbit PT Indeks Jakarta

Kotler, Philip, Kevin Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas Jilid 1. Indonesia: Penerbit PT Indeks Jakarta

Ramadhanti. 2018. Pengaruh Faktor Sosial dan Faktor Pribadi terhadap Keputusan Pembelian Perumahan Griya Jakabaring Permai Banyuasin. [Skripsi]. Palembang. Program Studi Ekonomi Syariah UIN Raden Fatah

Riduwan. 2005. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Santoso, Daniel Teguh. Endang Purwanti. 2013. Pengaruh Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, dan Faktor Psikologis terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dalam Memilih Produk Operator Seluler IM3 di Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang. Jurnal Among Makarti. Vol. 6 No. 12, Desember, 2013. Hal 112-113: Semarang

Sarjono, Haryadi dan Winda Juliantia. 2011. SPSS vs LISREL: Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Salemba Empat: Jakarta.

Setiadi. J. Nugroho. 2003. Perilaku Konsumen. Jakarta: Prenadanemia Grup.

Setiadi. J. Nugroho. 2009. Perilaku Konsumen.: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penenelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Setiadi. J. Nugroho. 2011. Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Jakarta: Prenadanemia Grup.

Simamora, Bilson. 2008. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta Barat: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sukartawi. 1995. Manajemen Agribisnis Bunga Potong. Universitas Indonesia: Jakarta. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2009. Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Jakarta: PT. Buku Kita.

Suprayitno, Agung. 2015. Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Gado-Gado Boplo (Studi Kasus: Restoran Gado-Gado Boplo Panglima Polim Jakarta Selatan). [Skripsi]. Jakarta: Program Studi Agribisnis Universitas Islam Negeri Syarief Hidayatullah Jakarta.

Syahri, Ade. 2010. Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologis terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Perusahaan Media Cetak Surat Kabar Hairan Monitor Depok). [Skripsi]. Jakarta: Program Studi Manajemen Universitas Islam Negeri Syarief Hidayatullah Jakarta.

Widyawan, R dan Prahastuti. 1994. Bunga Potong Tinjauan Literatur. Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah: Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.15408/saj.v1i1.20072 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.