DAKWAH DALAM PERSPEKTIF PARADIGMA TRADISIONALISME DAN REFORMISME

Abdul Hamid

Abstract


Dakwah dalam Perspektif Paradigma Tradisionalisme dan Reformisme. Dalam pemikiran dan gerakan dakwah ada dalam elemen-elemen substani dakwah itu sendiri, hanya ianya lebih mengarah kepada dialog budaya, intelektual dan dakwah peradaban. Dalam tubuh umat Islam, sebenarnya banyak gerakan-gerakan yang mengatasnamakan Islam. Semua bentukbentuk aliran-aliran paradigma tersebut, tidak akan dibahas di sini secara menyeluruh. Namun demikian, dua bentuk aliran dakwah berikut ini dianggap telah mewakili keragaman paradigma pemikiran dan gerakan dakwah. Kaum tradisionalis meyakini syari’ah sebagai hukum Tuhan yang telah dipahami dan dipraktekkan semenjak beberapa abad silam dan sudah terkristal dalam beberapa mazhab fiqh. Sementara aliran reformis menentang taqlid dan menggalakkan ijtihad dalam menghadapi persoalan-persoalan kontemporer. Meskipun menyamai modernism yang mendukung konsep rasionalisme, namun ada perbedaannya karena aliran reformisme hanya berijtihad dalam bidang-bidang yang kurang jelas (zhanni) kedudukan hukumnya

References


Al-Bahi, Muhammad, Dr., Pemikiran Islam Modern dan Hubungannya dengan Imperealisme barat, terj. (Jakarta : Pustaka Panjimas, 1986)

Al-Faruqi, Ismail, Prof, Islam, (Niles : Argus Communications, 1979)

Al-Hudari, Muhammad, Tarikh Tasyri’ Islami, terj. (tt : Penerbit Rajamurah al-Qanaah, 1980)

Al-Maududi, Abul A’la, A Short History of the Revivalist Movement in Islam, (Lahore : Islamic Publications Ltd., 1979)

Al-Qaradhawi, Yususf, Aulawiyâtul-harakâtil-islam Fî Marhalatil-qadîmah, (dalam bentuk Maktabatusy-syâmilah)

_____, Ijtihad dan Syari’ah Islam, terj. (Jakarta : Bulan Bintang, 1989)

_____, Fikih Jihad, (Bandung : PT Mizan Pustaka, 2010), Cet. ke- 1

_____, Islam dan Globalisasi Dunia, (Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar : 2001), cet ke-1

Alisyahbana, A. Takdir, Antropologi Baru, (Jakarta: Dian Rakyat, 1986)

Al-Zastrouw Ng, Gerakan Islam Sembolik, (Yogyakarta : LKIS Yogyakarta, 2006), Cet. ke-1.

An-Nadwi, Abu Hassan, Saviours of Islamic Spirit, vol. 1, (Lucknow : Academiy of Islamic Research & Publications, 1976)

Azizy, A. Qodri, Melawan Globalisasi, (Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2004)

Barton, Greg, (ed), Tradisionalisme Radikan;Persinggungan Nahdatul Ulama’ Negara, ter. Ahmad Suaedy (Yogyakarta;LKiS, 1997)

Badawi, M. A. Zaki, The Reformismof Egypt (London: Croom Helm Ltd.1978)

Baqi, Muhammad Fuad Abdul, Al-Mu’jamul-Mufahras Li Al-Fazhil-Qur’an, (Bairut: Darul-Fikr, 1992)

Bellah, Robert N, Beyond Belief, Essay on Religion in a Post-Tradisional Word, (New York: Harper and Row, 1976)

Dahlan, Abdul Aziz, (et al), Ensiklopedia Hukum Islam, (Jakarta : PT Ichtiar Baru Van Hoeve, 1999)

Garaudy, Roger, Janji-janji Islam, terj. (Jakarta : Bulan Bintang, 1982)

Gibb, H.AR., Aliran-aliran Modern Dalam Islam, terj. (Jakarta : Rajawali Press, 1990)

Hasan, Muhammad Kamal, Prof., Muslim Intellectual Responses to New Order Modernization in Indonesia, (Kuala Lumpur : Dewan Bahasa dan Pustaka, 1980)

Hidayat, Komaruddin, Wahyu di Langit Wahyu di Bumi, (Jakarta: Paramadina, 2003)

Iqbal, Mohammad, The Recontruction of Relegius Thought in Islam, (Lahore: Ashraf, 1982)

Ismail, A. Ilyas, Dr. MA dan Hotman, Prio, MA. Filsafat Dakwah; Rekayasa Membangun Agama dan Peradaban Islam, (Jakarta : Prenada Media Kencana Press, 2011), Cet. ke-1.

Ka’bah, Rifyal, (et.al), Reaktualisasi Ajaran Islam : Pembaruan Agama Visi Modernis dan Visi Salaf, (Jakarta : Penerbit Minaret, 1987)

Kallaf, Abdul Wahab, Ringkasan Sejarah Perundangan Islam, terj. (kota Bharu : Pustaka Aman Press, 1971)

Kaloti, Sami Abdullah, The Reformation of Islam and The Impact of Jamaluddin al-Afghani and Muhammad Abduh on Islamic Education.

Desertasi Ph. D., Marquettes University, 1974.

Karmi, Hasan Said, al-Manar and English-Arabic Dictionary, (Bairut: Longman Libraise Du Liban, 1970)

Madjid, Nurcholish, Islam Doktrin dan Peradaban, (Jakarta: Paramadina, 1992)

Maliki, Zainuddi, Agama Priyayi (Yogyakarta: Pustaka Marwa, 2004)

Manheim, Karl, “Conservative Though”, dalam K. Mannheim, Essays on Sociology and Social Psycology, (London : Rautledge & Kegan Paul, 1966)

Nata, Abuddin, Peta Keragaman Pemikiran Islam di Indonesia, (Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2001)

Noah Webstar, Webstar new International Dictionary of the English Language Unabridged (Massachusetts, USA: G&C, 1966)

Rahman, Fazlur, “Islamic Modernism; Its Scope, Method, and Alternative”, International Journal of Middle East Studies (1970)

Ramdhun, Abdul Baqi, Jihad Jalan Kami, (Solo : Era Intermedia, 2002)

Sharabi, Hisham, Arab Intellectuals and the West : The Formative Years 1875-1914, (Baltimore & London : The John Hopkins University Press, 1970)

Shalaby, Ahmad, Masyarakat Islam, terj. (Singapura: Pustaka Nasional, 1966)

Shamsuddin, Abdul Ghani Hj., Tajdid dalam Pendidikan dan Masyarakat, (Kuala Lumpur : Persatuan Ulama Malaysia, 1989)

Shihab, Quraish, Membumikan Al- Qur’an, (Bandung: Mizan, 1993)

_____,Wawasan Al-Qur’an, (Bandung : Mizan, 1996), Cet. ke-1

Stroumsa, Sarah, Para Pemikir Bebas Islam, terj. (Yogyakarta: LKIS Yogyakarta, 2006), Cet. ke-1

Syakur, Amin, Dilema; Dakwah Kultural Versus Struktural, dalam Muhammad Sulthan; Menjawab Tantangan Zaman, Desain Ilmu Dakwah Kajian Ontologis, Epistemologis, dan Aksiologis, (Semarang: Walisongo Press dan Pustaka Pelajar, 2003)

Taufik, M. Tata, Dakwah Era Global, (kuningan, senin 27 Januari 2003)

Thahhan, Mahmud, Pembaruan Pemikiran Islam Sebuah Upaya Tipu Daya Belajar dari Kasus Sudan, terj. (Jakarta : Amarpress, 1987)

Trimingham, J. Spencer, Sufi Orders in Islam, (New York : Oxford University Press, 1973)

Watt, W.M, Islamic Philosophy and Theology, (Edinburgh : Edinburgh University Press, 1977)

Yatim, Badri, Sejarah Peradaban Islam, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003)

Yusuf, Amru, Istri Rasulullah Contoh dan Tauladan, (Jakarta : Gema Insani Press, 1997), Cet. ke- 1

Zon, Fadli, Sosok Ronggowarsito di Pentas Politik dan Seni Budaya Jawa, Prisma, No. 4, Tahun XXI, 1992.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/kordinat.v15i1.6310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.