KONSEP PEMBARUAN SISTEM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT MUHAMMAD ‘ABDUH
DOI:
https://doi.org/10.15408/kordinat.v15i1.6301Abstract
Konsep Pembaharuan Sistem Pendidikan Islam Menurut Muhammad ‘Abduh. Muhammad Abduh selain terkenal dalam bidang penafsiran al-Qur’an dan pembaharu pewmikiran Islam, ternyata juga dikenal pemikirannya dalam bidang pendidikan. Pembaruan pendidikan di Mesir yang pelopori oleh Muhammad Ali sangat besar kontribusinya untuk menjadi negara modern. Gerakan pembaruannya telah memperkenalkan ilmu pengetahuan dan teknologi Barat kepada umat Islam, dan sampai suatu waktu dapat menyingkap awan hitam yang menyelimuti pola pikir dan sikap keagamaan sehingga lahirlah intelegensi muslim yang berpengetahuan agama yang luas. Corak pemikiran pendidikan Muhammad Abduh cenderung pada aliran progresif. Pembaharuan Pendidikan itulah yang dilanjutkan oleh Muhammad Abduh, terutama dengan memperbaharui unsur-unsur pendidikan yaitu, tujuan pendidikan, pendidik, murid, dan metode pembelajaranReferences
Abu Dawud, Sunan Abi Dâwûd, Beirut: Dâr al-Kutub al-‘ilmiyyah,1996
Harun Nasution, Pembaharuan dalam Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1975
_____, Muhammad Abduh dan Teologi Rasional Mu’tazilah, Jakarta: Universitas Indonesia,
Harun Asrohah, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 1999
Muhammad Abduh, Tafsir Juz ‘Amma,terj. Muhammad Baqir, Bandung: Mizan, 1999
Muhammad Imarah, al-A’mal al-Kamilah li al-Syaikh Muhammad Abduh, Jilid. III, Beirut: Dar al-Syuruq, 1993
Maryam Jameelah, Islam dan Modernisasi, Surabaya: Usaha Nasional, 1981
Nurcholis Majid, Islam Doktrin dan Peradaban, Jakarta: Paramadina, 2000
Qadri Qal’aji, Tsalatsatun min ‘a’lam al-Hurriyah, Beirut: Binayatul Wahhad, 1993
Rasyid Ridha, Tafsîr al-Manâr, Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiah, 1999
Suwito, Sejarah Pemikiran Para Tokoh Pendidikan, Bandung: Angkasa,
Yusuf Hamadi, al-Imâm Muhammad Abduh, Mesir: Maktabah Misr