Pembelajaran Make A Macth Online untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Mahasiswa dalam Pendidikan Pancasila

Zaenul Slam

Abstract


Rendahnya kemampuan bernalar kritis mahasiswa  karena  pada masa pandemi Covid 19 ini dosen kebanyakan melaksanakan  pembelajaran online media google meet dengan metode ceramah, maka untuk mengatasi permasalahan tersebut diterapkan pembelajaran make a mact online    untuk meningkatkan kemampuan  bernalar kritis mahasiswa dalam Pendidikan Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Tahapan dalam penelitian ini, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh menggunakan instrumen monitoring kegiatan dosen dan instrumen kegiatan mahasiswa Penelitian ini dilakukan  dua siklus.  Hasil penelitian penerapan pembelajaran  make match online dapat meningkatkan kemampuan  bernalar kritis  mahasiswa   yang diperoleh dari setiap siklus adalah siklus pertama mahasiswa  yang tuntas  50%  dan pada siklus kedua  meningkat menjadi 86%. Target yang ingin dicapai adalah 85%. Penerapan model ini juga mampu mengembankan pembelajaran yang menyenangkan.

Keywords


Make a Match; Online; Kemampuan Bernalar Kritis; Pendidikan Pancasila

Full Text:

PDF

References


Alodia, M.C. (2006).Efektifitas Kartu Permaian Make A Match Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Kelas XII SMA. Jurnal BioEdu, 5 (2), 253-258.

Alwasilah, C. (2011) Pokoknya Kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya Ardiyanti, Y. (2016). Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Kunci Determinasi.Jurnal Pendidikan Indonesia, 5 (2), 193-202 Asma, N. (2006). Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Depdiknas .

Ejin, S. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN Jambu Hilir Baluti 2 Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 1(1). 65-71.

Faridli, E.M.. (2011). Model-Metode Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta Iryance, I. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Kestuan Bogor. Jurnal Pendidikan Sejarah. 3 (1). 13-22.

Isjoni. (2014). Cooperative Learning. Bandung Alfabeta Kaelan. (2010). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2020). Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kemdikbud.

Khakima, M.A.. (2019). The Implementation of Cooperative Learning Make a Match to improve Social science learning activities and learning outcomes. International Journal of Scientific and Research Publications, 9 (3), 321-328.

Lie, A. (2007). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo Lolonga, S.N.et al.(2016). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X-6 SMAN 1 Wawotobi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Materi Keseimbangan Lingkungan dan Perubahannya. Jurnal Ampibi, 1(1), 58-64.

Montessori, M.(2002). Pendidikan Kewarganegaraan dan Keterampilan Berpikir. Jurnal Demokrasi,1(1): 52-59.

Nata, A. dan Sofyan, A. (2014). Pengembangan Desain Model Pembelajaran PAI Berbasis Barakter Mulia Yang Holistik, Humanis, Emansipatoris, Dan Efektif. Journal Of Education In Muslim Society (Tarbiya), 1 (1): 35-50.

Naziah, S.T, Maula, L.H, Sutisnawati, (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Di Sekolah Dasar. Jurnal JPSD. 7(2). 109-120.

Nur Fidiyanti. (2017). Effect Of Implementation Of Cooperative Learning Model Make A Match Technique On Student Learning Motivation In Social Science Learning. International Journal Pedagogy of Social Studies, 2 (1), 1-6.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses.

Purwanto, M.N. (2012)Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Putria, H., Maula, L.H, Uswatun, D.A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4 (4). 861-872.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran. Bandung: Multi Mandiri Pers.Sani, R.A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Slam, Z. (2020). Implementasi Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Kolaborasi Peserta didik Melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Civic Hukum, 5 (2): 125-135.

Soimin, A. (2018). 68 Model Pembelajarn Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Soleh. (2020). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Skripsi tidak Diterbitkan. Purwakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.

Utomo, S.P.et. al. (2018). Implementation Of Cooperative Learning Model Type Make A Match To Improve Concepts Comprehension Of Two Dimentional Figure Chaeacter. International Journal Pedagogy Of Social Studies, 2 (1), 1-6.

Widodo, S. (2016). Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Melalui Isu-Isu Sosial Ekonomi Pasca Pengembangan Waduk Jatigede Dalam Pembelajaran IPS Di SMPN 2 Wado Kabupaten Sumedang Kelas VIII C. International Journal Pedagogy Of Social Studies, 1(2), 1-14.

Walfajri, R.U. dan Harjono, N. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Tematik Muatan IPA Melalui Model Problem Based Learning Kelas 5 SD. Jurnal Basicedu, 3 (1), 16-20.

Wiriaatmadja, R. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Winataputera dan Budimansyah. (2007). Civic Education. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Zaini, H. (2006). Strategi Pembelajaran Aktif. Jakarta: Bumi Aksara.


Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006

 

Indexed By: