Analisis Aktivitas Belajar Multisensori Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV MI Al Husna Lebak Bulus

Alfiani Muscahyanti, Asep Ediana Latip

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas belajar multisensori peserta didik dalam pembelajaran tematik kelas IV MI Al Husna Lebak Bulus. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Pengambilan data menggunakan nonprobability sampling dengan teknik sampling jenuh, di mana sampel penelitian ini terdiri dari 48 peserta didik kelas IV. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan menghitung rata-rata hasil kuesioner aktivitas belajar multisensori peserta didik menggunakan rumus Weight Means Score (WMS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas IV MI Al Husna Lebak Bulus sering melakukan aktivitas belajar multisensori dalam pembelajaran tematik. Hasil tersebut dapat dibuktikan dengan perolehan rata-rata aktivitas belajar multisensori peserta didik kelas IV MI Al Husna Lebak Bulus yaitu sebesar 3,78. Dalam analisis Weight Means Score (WMS), hasil tersebut menunjukkan kategori baik.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas belajar multisensori peserta didik dalam pembelajaran tematik kelas IV MI Al Husna Lebak Bulus. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Pengambilan data menggunakan nonprobability sampling dengan teknik sampling jenuh, di mana sampel penelitian ini terdiri dari 48 peserta didik kelas IV. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan menghitung rata-rata hasil kuesioner aktivitas belajar multisensori peserta didik menggunakan rumus Weight Means Score (WMS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas IV MI Al Husna Lebak Bulus sering melakukan aktivitas belajar multisensori dalam pembelajaran tematik. Hasil tersebut dapat dibuktikan dengan perolehan rata-rata aktivitas belajar multisensori peserta didik kelas IV MI Al Husna Lebak Bulus yaitu sebesar 3,78. Dalam analisis Weight Means Score (WMS), hasil tersebut menunjukkan kategori baik.

Kata kunci: aktivitas belajar multisensori, pembelajaran tematik, deskripstif  kuantitatif.


Keywords


aktivitas belajar multisensori; pembelajaran tematik; deskripstif kuantitatif.

Full Text:

PDF

References


Aaron, J. Miller. “Auditory, Visual, Kinesthetic-Tactile, and Multi-Sensory Modalities: A Quantitative Study of How Preferred Modalities Create More Effective Teaching and Learning Environments.” Journal of Neuroscience and Behavioral Health 9, no. 1 (2017): 1–9.

Abidin, Yunus. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama, 2014.

Aliwanto. “Analisis Aktivitas Belajar.” Jurnal Konseling 3, no. 1 (2017): 64–71.

Arianti. “Pengembangan Variasi Mengajar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar.” Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6, no. 1 (2018): 696–714.

Burhanudin, Danny Amar, and Siti Rochmiyati. “Peningkatan Kemampuan Mendengarkan Informasi Berita Pada Kelas X B Sma Piri 1 Yogyakarta Dengan Menggunakan Media Audio Visual.” Caraka 4, no. 2 (2017): 60.

Embun, Sari. “Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Bumi Dan Cuaca Di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang.” JIP: Jurnal Ilmiah PGMI 1, no. 1 (2016): 80–106.

Falimu. “Etika Komunikasi Pegawai Terhadap Pelayanan Penerbitan Pajak Bumi Dan Bangunan.” Jurnal Komunikator 9, no. 1 (2017): 14.

Fhatri, Zonalisa. “Intervensi Latihan Sensori Motorik Dalam Pengembangan Kinestetik Anak Autis.” Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 1 (2020): 23–36.

Helmi, Tedi, R. Akhmad Munjin, and Irma Purnamasari. “Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan Izin Trayek Oleh Dllaj Kabupaten Bogor.” Jurnal Governansi 2, no. 1 (2017): 51.

Kariadi, Dodik, and Wasis Suprapto. “Model Pembelajaran Active Learning Dengan Strategi Pengajuan Pertanyaan Untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran PKn.” Educatio 13, no. 1 (2018): 11.

Nggilu, Ramli, and Syamsu Qamar Badu. “Nilai Nilai Budaya Kerja Guru SMK Negeri Bulango Utara Kab . Bone Bolango.” Jurnal Riset dan Ilmu Pengembangan Pengetahuan 3, no. 1 (2018).

Ning Tyas, Eka. “Peningkatan Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Subtema Tugasku Sehari-Hari Di Rumah Menggunakan Model Pembelajaran SAVI Pada Siswa Kelas II SDN 1 Bolo.” Scholaria 4, no. 3 (2013): 68–82.

Putra, Erik Ade. “Anak Berkesulitan Belajar Di Sekolah Dasar Se-Kelurahan Kalumbuk Padang.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus 1, no. 3 (2015): 71–76.

Sugiasih, Inhastuti, and Erni Agustina Setiowati. “Studi Deskriptif Mengenai Kemampuan Persepsi Visual Anak Usia 3-5 Tahun.” Jurnal Psikologi Proyeksi 11, no. 1 (2016): 55–63.

Yunus, Syarifudin. “Mengkritisi Kompetensi Guru,"https://news.detik.com/kolom/d-3741162/mengkritisi-kompetensi-guru.

Majid, Abdul. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.




DOI: https://doi.org/10.15408/elementar.v1i1.20889 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Copyright © 2021, Eelementar: Jurnal Pendidikan Dasar, p-ISSN: 2807-226X, e-ISSN: 2807-2006

 

Indexed By:

Logo Google Scholar Logo Garuda Logo Crossref Logo  Base  Logo Dimensions Logo Indonesia Onesearch