PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN UPAYA PELESTARIAN
Abstract
INCREASING STUDENTS LEARNING OUTCOME THROUGH THE IMPLEMENTATION OF PROBLEM BASED-LEARNING MODEL ASSISTED WITH VIDEO ON THE CONCEPT OF ENVIRONMENTAL CHANGES AND PRESERVATION EFFORT
Juriah1, Zulfiani2
1SMA Negeri 3 Tangerang Selatan, Indonesia
2UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
zulfiani@uinjkt.ac.id
Abstract
The research aims to determine the improvement of students’ biology learning outcomes in class X IPA 3 SMAN 3 Tangerang Selatan. It was conducted through the problem-based learning model assisted with video. The method was Classroom Action Research (CAR) held in two cycles. Using essay test and observation sheet, 29 students of class X IPA 3 were involved. The result showed that at the first cycle, students’ learning average was 85,31 with 93%learning completeness. Following the second cycle, both the learning average and completeness increased to 93,41 and 100% respectively. The results of the acquisition of communication skills and product making skills of the first cycle average 85,39 and the second cycle is 86,06. The average value of N-Gain in cycle I and II respectively is 0,67 and 0,79 (high category). Students activities have also risen from 89% (cycle I) to 100% (cycle II). This concluded that problem based-learning model assisted with video enables students to enhance their learning outcomes especially on the concept of environmental changes and preservation effort.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi pada peserta didik kelas X IPA 3 SMAN 3 Kota Tangerang Selatan tahun ajaran 2016/2017 dengan menerapkan model problem based learning disertai media video. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X IPA 3 SMAN 3 Kota Tangerang Selatan tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah peserta didik sebanyak 29 orang. Instrumen penelitian berupa tes uraian dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan pencapaian hasil belajar pengetahuan pada siklus I rerata 85,31 dengan jumlah yang mencapai Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) 93%, pada siklus II rerata belajar 93.41 dengan KBM 100%. Hasil perolehan nilai keterampilan komunikasi dan keterampilan membuat produk siklus I rerata 85,39 dan siklus II yaitu 86,06. Adapun rerata nilai N-Gain pada setiap siklusnya adalah 0,67 pada siklus I dan 0,79 pada siklus II dengan kategori pemahaman tinggi. Aktifitas peserta didik juga meningkat dari 89% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Hasil ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning berbantu media video dapat meningkatkan hasil belajar pada konsep perubahan lingkungan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arnyana, I.B. P. 2006. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif Pada Pelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja. No.3 Th XXXIX Juli 2006.
Badan Lingkungan Hidup. 2017. Laporan Tahunan Pelaksanaan Program/Kegiatan Tahun 2014. Tersedia : http://blh.jogjaprov.go.id/po-content/uploads/Permen-LH-No-05-th-2013-Tentang-Pedoman-Adiwiyata.pdf, diakses sabtu, 23 september 2017, 04.21 PM
Chan, L. K., Patil, N. G., Chen, J. Y., Lam, J. C., Lau, C. S., & Ip, M. S. (2010). Advantages of video trigger in problem-based learning. Medical teacher, 32(9), 760-765.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Direktorat Pembinaan, S. M. A. (2017). Implementasi Pengembangan Kecakapan Abad 21 dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 4.
Hadi, A. (2013). Pengaruh pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep biologi siswa SMA Negeri di kota Malang. SKRIPSI Jurusan Biologi-Fakultas MIPA UM.
Hake, R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. Dept. of Physics, Indiana University. [Tersedia online] http://www.physics.indiana.edu
Liliasari. (1997). Pengembangan Model Pembelajaran Materi Subjek untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Konseptual Tingkat Tinggi Mahasiswa Calon Guru IPA. Laporan Penelitian. Bandung: FPMIPA IKIP Bandung.
Nursito, 2000. Menggali Kreativitas. Yogyakarta: PT. Mitra Gama Widya.
Ulfah, M., Fatmah, H., Herlanti, Y. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dipadu Metode Student Team Achievement (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X IPA 4 SMA N Parung 1 Tahun Ajaran 2014/2015 Pada Konsep Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang. EDUSAINS, 7 (2), 2015, 202-208. Website: http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains/article/view/2789/2198
Noviyanto, T.S. H., Juanengsih N., Rosyidatun, E.S. 2015. Penggunaan Media Video Animasi Sistem Pernapasan Manusia untuk Meningkatakan Hasil Belajar Biologi. EDUSAINS, 7 (1), 2015, 57-63, Website: http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains/article/view/1215
Purnamaningrum, A., & Probosari, R. M. (2012). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif melalui problem based learning (PBL) pada pembelajaran biologi peserta didik kelas X-10 SMA negeri 3 surakarta tahun pelajaran 2011/2012. Pendidikan Biologi Volume 4, Nomor 3, 4(3), 39-51.
Primasari, R., Zulfiani., Herlanti, Y. 2014. Penggunaan media Pembelajaran di Madrasah Aliah Negeri Se Jakarta Selatan. EDUSAINS, VI (1), 2014, 71 – 72. Website : http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains/article/view/1101
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendikan. Jakarta: Kencana.
DOI: https://doi.org/10.15408/es.v11i1.6394 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Juriah Juriah, Zulfiani Zulfiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
EDUSAINS. P-ISSN:1979-7281;E-ISSN:2443-1281
Â
Â