DESKRIPSI PERKEMBANGAN KETERAMPILAN KERJA ILMIAH DENGAN PENDEKATAN INKUIRI BERBASIS SCAFFOLDING TERHADAP SISWA KELAS XI IPA SMAN 7 PONTIANAK

Rahmat Rasmawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan perkembangan keterampilan kerja ilmiah siswa melalui model pembelajaran inkuiri berbasis Scaffolding pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPA2 SMAN 7 Pontianak yang berjumlah 34 siswa. Data penelitian dikumpulkan dari hasil LKS dengan pendekatan keterampilan kerja ilmiah pada saat proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan individual siswa pada pertemuan pertama, kedua, ketiga dan keempat yang secara berurutan adalah 15%, 58%, 70% dan 87%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri berbasis scaffolding dapat mengembangkan keterampilan kerja ilmiah siswa.


Keywords


Keterampilan Kerja Ilmiah; Model Inkuiri; Scaffolding



DOI: https://doi.org/10.15408/es.v6i1.1097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


@ EDUSAINS.  P-ISSN:1979-7281;E-ISSN:2443-1281

This is an open access article under CC-BY-SA license

 

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats

Indexed by: