Peranggapan:Kajian dalam Pengajaran Pragmatik

Authors

  • Ahmad Syaekhuddin Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.15408/bat.v9i1.6891

Keywords:

Pragmatik, Nababan, Perfomance, Competence

Abstract

Pragmatik, sebagaimana yang diperbincangkan di Indonesia dewasa ini, paling tidak dapat dibedakan atas dua hal 1) pragmatik sebagai sesuatu yang diajarkan atau 2) pragmatik sebagai sesuatu yang mewarnai tidakan mengajar. Soal 1) Itu masih dapat dibedakan lagi atas dua hal a) Pragmatik sebagai bidang kajian linguistik, dan b) pragmatik sebagai salah satu segi di dalam bahasa, "pragmatik" pengertian (b) ini lazim pula disebut "fungsi komunikatif'. Latar belakang pendekatan pragmatik berdasarkan perubahan-perubahan yang terjadi dalam pengajaran bahasa Inggris berlangsung sejak kira-kira tahun 1960-an. Asumsi dari Situasional Language Teaching merupakan metode paling utama dalam pengajaran bahasa tujuan (BT), khususnya bahasa Inggris pada waktu
itu mulai dipersoalkan kebenarannya, hal ini disebabkan oleh kecaman terhadap dikotomi competence dan performance dalam sistemnya
Chomsky. Istilah pragmatik menurut Nababan lebih dekat kepada performance daripada competence.

Author Biography

  • Ahmad Syaekhuddin, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
    Penulis adalah Dosen Fakultas Adab dan HUmaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif HIdayatullah Jakarta.

References

Bambang Kaswanti dan Purwo, 1992, Pragmatik di dalam Pengajaran Bahasa Indonesia.

P. W. J. Nababan, 1987, Ilmu Pragmatik (Teori dan Penerapannya). Jakarta: Depdikbud.

Henry Guntur Tarigan, 1990, Pengajaran Kompetensi Bahasa, Bandung: Angkasa.

Sri Utari Subyatko-Nababn, 1993, Metodologi Pengajaran Bahasa, Jkaarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gerald Gazdar, 1979, Pragmatics: Implicature, Presupposition, and Logical Form. New York: Academic Press.

Jerold J. Katz, 1971. Semantic Theory, Cambridge: University Press.

A, Djunaidi, 1987, Pengembangan Materi Pengajaran Bahasa Inggris Berdasarkan Pendekatan Lingusitik KOnstruktif (Teori dan Praktek).

Jakarta: Depdikbud.

Harimurti Kradilaksana, 1993, kamus lIngusitik, Jkaarta: Pt Gramedia Pustaka Utama.

Geofry N. Leech, 1981, 1993, Prinsip-Prinspi Pragmatik, Diterj. oleh M. D. D Oka dari Principle of Pragmatics. Jkaarta: UI Press.

Stephen C. Levinson, 1983. Pragmatics, Cambridge: Cambridge University Press.

Marno Soemarsono, 1988, Pragmatics dan Pengembangan MUtakhirnya" dalam Soejono Dartodjowidjojo (ed.), PELLBA I, Jakarta:

Lembaga Bahasa Unika Atmajaya.

How to Cite

Peranggapan:Kajian dalam Pengajaran Pragmatik. (2018). Buletin Al-Turas, 9(1), 68-78. https://doi.org/10.15408/bat.v9i1.6891