Interactive Customer Relationship Management Jasa Infrastruktur Jaringan PT. Meda Cipta Hutama

R. H. Handayani, Qurrotul Aini, Evy Nurmiati

Abstract


PT. Meda Cipta Hutama merupakan penyedia jasa IT dan general contractor. Keinginan perusahaan adalah memenuhi kebutuhan pelanggan, di mana diperlukan sebuah sistem informasi yang interaktif. Untuk memenuhi keinginan pelanggan tersebut, dibutuhkan sistem informasi Interactive Customer Relationship Management (i-CRM). I-CRM merupakan suatu usaha untuk menciptakan interaksi antara pelanggan dan perusahaan dengan waktu respon yang tinggi sehingga tidak terjadi kesalahan dalam proses persiapan sampai kepada penyajiannya. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner dan studi literatur. Sedangkan metode pengembangan sistem informasinya menggunakan model RAD, yang meliputi UML, dengan diagram use case, sequence class, statechart dan activity. Tujuan pada penelitian ini adalah membangun sistem informasi interactive customer relationship management (i-CRM). Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa sebuah website i-CRM di mana pihak perusahaan dapat berinteraksi langsung dengan pelanggan dan pelanggan juga dapat dengan mudah melakukan purchase order. Selain itu, i-CRM ini dapat meningkatkan pelayanan yang diberikan yang berdampak pada meningkatnya kepuasan dan loyalitas pelanggan. Sistem ini juga dapat mempermudah perusahaan berinteraksi langsung dengan pelanggan menggunakan fasilitas suggestion dan complain, chatting dan newsletter.

Keywords


I-CRM; interactive customer relationship management; analisis rantai nilai; RAD; UML.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.