RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS KESESUAIAN LAHAN TANAMAN PADI GOGO (Oriza sativa L.) BERBASIS WEB ( STUDI KASUS : KECAMATAN SUKAJAYA, KABUPATEN BOGOR )

Brian Armadji, Zainul Arham, Iwan Aminudin

Abstract


Kabupaten Bogor memiliki peran strategis bagi kemajuan pembangunan nasional, karena itu adalah ibukota negara bagian penyangga di sisi dekat dengan pangsa pasar hasil komoditas pertanian serta lembaga pendidikan pusat dan penelitian dan pengembangan berbasis pertanian. Sukajaya Kecamatan adalah salah satu kabupaten di Kabupaten Bogor. Sebagian besar mata pencaharian penduduk adalah bertani, sebanyak 9.170 rumah tangga pertanian (CBS, 2013). Selama lahan kering ini tersedia cukup luas dan pemanfaatannya untuk tanaman padi gogo tidak optimal, sehingga masa depan produksi padi gogo juga dapat digunakan sebagai andalan produksi beras nasional. Oleh karena itu, Sistem Informasi Geografis Kesesuaian Lahan Padi Gogo dapat mendukung semua pihak untuk mengetahui informasi tentang daerah yang cocok untuk budidaya Padi Gogo dan juga tentang kesesuaian menanam padi lahan dataran tinggi dan merekomendasikan pupuk untuk tanaman padi gogo yang, jika diterapkan, diharapkan mampu meningkatkan produksi padi gogo di negara itu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dalam penelitian ini, analisis spasial kesesuaian lahan berdasarkan persyaratan tanaman ditanam dengan metode pencocokan (matching) dan teknik overlay (overlay) model serikat. Dalam pengembangan sistem menggunakan Application Development Cepat (RAD) dengan notasi UML dan software dalam mendukung pelaksanaan menggunakan Opensource OpenGeo Suite dan PHP sebagai bahasa pemrograman dan menggunakan database MySQL. Hasil yang dicapai dalam bentuk sistem informasi geografis berbasis web yang meliputi beras tanah kesesuaian tanaman dataran tinggi, tanaman padi sampel uji titik data produksi dataran tinggi tanah dan pupuk rekomendasi pada setiap titik sampel.


Keywords


Web-based Geographic Information System; Land Suitability of Upland Rice Plants; Rapid Application Development ( RAD ); UML; OpenGeoUnified Modelling Language (UML)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN : 1979-0058

AGRIBUSINESS JOURNAL CONTACT

DR. Ir. Elpawati, MP.
Jln. Ir.H. Juanda No. 95 Ciputat Tangerang 15412
» Tel / fax : (021) 7493315 / (021) 7493315