IDENTIFIKASI KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP KONSERVASI DAN REHABILITASI BURUNG

Ardi Muhamad Arsyad

Abstract


Abstract

This study aims to determine public awareness of the conservation and rehabilitation of birds on bird traders in Pasundan Market, Sukabumi. The research method used is descriptive method with qualitative approach. Data collection techniques used observation, interviews, questionnaires, documentation, and field notes. The results found in this study is the level of public awareness of bird conservation and rehabilitation on the bird traders is very important to maintain the sustainability of birds that exist in their natural habitat. But in reality there are still many bird traders who sell protected birds obtained from consumers who entrust directly to the traders for resale. The occurrence of such phenomena is due to less supervision by the government. The lack of public awareness of bird conservation and rehabilitation is largely due to the lack of awareness of traders on the understanding of conservation and rehabilitation rules, and the lack of supervision to traders by the government. In addition, the role of the general public to assist oversight also needs to be improved to assist government oversight.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesadaran masyarakat terhadap konservasi dan rehabilitasi burung pada pedagang burung di Pasar Pasundan, Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuisioner, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah tingkat kesadaran masyarakat terhadap konservasi dan rehabilitasi burung pada para pedagang burung sangat penting untuk menjaga kelestarian burung yang ada di habitat aslinya. Namun pada kenyataannya masih banyak pedagang burung yang menjual burung yang dilindungi yang didapatkan dari para konsumen yang menitipkan langsung kepada para pedagang untuk dijual kembali. Terjadinya fenomena tersebut disebabkan karena pengawasan yang kurang oleh pemerintah. Kurangnya tingkat kesadaran masyarakat terhadap konservasi dan rehabilitasi burung sangat disebabkan karena kurangnya kesadaran para pedagang terhadap pemahaman peraturan konservasi dan rehabilitasi, serta kurangnya pengawasan kepada para pedagang yang dilakukan oleh pemerintah. Selain itu, peran masyarakat umum untuk membantu pengawasan juga perlu ditingkatkan untuk membantu pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah.

 

Pengutipan: Arsyad, Ardi Muhamad. (2017). Identifikasi Kesadaran Masyarakat terhadap Konservasi dan Rehabilitasi Burung. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 4(1), 2017, 81-91. doi:10.15408/sd.v4i1.4393.
Permalink/DOI:
http://dx.doi.org/10.15408/sd.v4i1.4393


Keywords


awareness; conservation; rehabilitation; geography; kesadaran; konservasi; rehabilitasi; geografi

Full Text: PDF ()

DOI: 10.15408/sd.v4i1.4393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.