PENGEMBANGAN BOT TELEGRAM PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA BERBASIS STEM

Authors

  • Dhia Bakhita Azzahra UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Tonih Feronika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Aini Nadhokhotani Herpi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Abstract

STEM merupakan gabungan metode pembelajaran dengan pendekatan Science (pengetahuan), Technology (teknologi),  Engineering (teknik), dan Mathematics (matematika) yang digunakan untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sesuai kriteria tenaga kerja abad ke-21. Penunjang pembelajaran pendekatan STEM ialah Bot Telegram sebagai e-learning. Tujuan pengembangan untuk mengukur tingkat efisiensi bot yang digunakan oleh guru dan siswa. Model penelitian menggunakan ADDIE dengan rangkaian penelitian diantaranya (1) analyze (analisis), (2) design (perancangan), (3) development (pengembangan), (4) implementation (implementasi), dan (5) evaluation (evaluasi). Penilaian produk menunjukkan respon guru terhadap bot sebesar 86% dengan kategori sangat puas. Adapun untuk respon siswa masuk kategori sangat puas dengan persentase 82,2%.

Downloads

Published

2023-08-21

Issue

Section

Articles