PERAN DAN PENGARUH MEDIA SOSIAL DALAM KAMPANYE PEMILIHAN PRESIDEN 2024

Rahmi Dania

Abstract


Pemilihan presiden merupakan suatu proses politik yang penting dalam menjalankan demokrasi di sebuah negara. Dalam era digital yang semakin berkembang, media sosial telah memainkan peran yang signifikan dalam proses kampanye politik. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi peran dan pengaruh media sosial dalam kampanye pemilihan presiden yang akan datang pada tahun 2024. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengumpulkan data tentang penggunaan media sosial dalam kampanye pemilihan presiden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial telah menjadi sarana yang efektif bagi kandidat presiden dan tim kampanye untuk menyampaikan pesan politik mereka kepada pemilih potensial. Selain itu, media sosial juga memberikan ruang bagi partisipasi publik melalui diskusi, komentar, dan berbagi konten terkait kampanye. Namun, penelitian ini juga mengungkapkan beberapa tantangan yang dihadapi dalam penggunaan media sosial dalam kampanye pemilihan presiden. Informasi yang salah atau hoaks dapat dengan mudah menyebar melalui media sosial, yang dapat mempengaruhi persepsi pemilih dan mengganggu proses demokrasi. Selain itu, adanya filter bubble dan polarisasi opini di media sosial dapat membatasi akses pemilih terhadap sudut pandang yang beragam. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media sosial memiliki peran yang signifikan dalam kampanye pemilihan presiden 2024. Penting bagi kandidat dan tim kampanye untuk memahami cara yang efektif dalam memanfaatkan media sosial untuk mencapai tujuan kampanye mereka. Selain itu, pemilih juga perlu menjadi lebih kritis dan bijak dalam mengkonsumsi konten politik di media sosial guna memperkuat partisipasi demokratis mereka.

 

Kata Kunci: media sosial, pemilihan presiden


Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Almond, G. A. & Verba, S. (1984). Budaya Politik: Tingkah laku. Politik dan Demokrasi di Lima Negara (terjemahan). Jakarta: Bina Aksara.

Andriyendi, D. O., S. N., Dewi, S. F. (2023). Media sosial dan pengaruhnya terhadap partisipasi politik pemilih pemula pada Pilkada. JECCO: Journal of Education, Cultural and Politics, 3(1).

Banna, H. (2018). Media Sosial dan Partisipasi Politik Milenial Riau. Jurnal WACANA, 17(2), 183-201. Diakses dari https://www.neliti.com/publications/322200/media-sosial-dan-partisipasi-politik-milenial-riau

Cohen, M. (2016, September 19). “Top Political Hashtags of 2016”. https://medium.com/soapbox-dc/nine-hashtags-that-are-driving-the-2016-presidential-election-b1ce248bf703

Creswell W. John. 2013. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Creswell, J. W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2018). Introduction: The Discipline and Practice of Qualitative Research. In N. K. Denzin & Y. S. Lincoln (Ed.), The SAGE Handbook of Qualitative Research (Fifth, hal. 2065–2088). SAGE Publications, Inc.

Elfarida, A., & Ramdani, N. (2021). Penggunaan Media Digital dan Partisipasi Politik Generasi Milenial: Studi Kasus pada Mahasiswa di Jakarta. Jurnal Kajian Komunikasi Politik, 9(1), 61-75. Diakses dari https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/jpkop/article/download/1628/1027

Harahap, I. (2020). Kampanye Pilpres 2019 Melalui Media Sosial dan Pengaruhnya terhadap Demokrasi Indonesia. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 17(01), https://komunikologi.esaunggul.ac.id/index.php/KM/article/view/234

Kusumawati, D., Nastiti, A. A. R., & Rachman, N. A. (2020). Penggunaan Media Sosial dan Partisipasi Politik Generasi Milenial di Indonesia. Jurnal Demokrasi dan Pembangunan, 18(1), 45-61. Diakses dari https://ejournal.politik.lipi.go.id/index.php/jpp/article/download/1154/588

Komariah, K. & Kartini, D. S. (2019). Konten Media Sosial Sebagai Instrumen Dalam Kampanye Pemilukada Jawa Barat Tahun 2018. ARISTO, 7(2). doi: http://dx.doi.org/10.24269/ars.v7i2.1407

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Prayogo, T. A. (2019). Media Sosial sebagai Sarana Partisipasi Politik Generasi Milenial dalam Pemilu 2019 di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Demokrasi, 8(1), 117-133. Diakses dari https://jurnal.univrab.ac.id/index.php/jdp/article/view/1158

Rochmah, I., & Ulfa, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Partisipasi Politik Generasi Milenial di Yogyakarta. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, 13(1), 1-10. Diakses dari https://www.neliti.com/publications/272787/use-of-digital-media-and-political-participation-milenial-generation-penggunaan

Ratnamulyani, I. E. & Maksudi, B. I. (2018). PERAN MEDIA SOSIAL DALAM PENINGKATAN PARTISIPASI PEMILIH PEMULA DIKALANGAN PELAJAR DI KABUPATEN BOGOR. Sosiohumaniora - Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, 20(2), https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v20i2.13965

Sellita. (2022). Media Sosial dan Pemilu: Studi Kasus Pemilihan Presiden Indonesia. Jurnal Lemhannas RI, 10(3), 1-16. https://doi.org/10.55960/jlri.v10i3.293




DOI: https://doi.org/10.15408/virtu.v3i2.33184 Abstract - 0 DOWNLOAD PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.