PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA

Nuur Alfi Laelah, Maisa Hurul Aeni

Abstract


Komunikasi interpersonal merupakan bentuk komunikasi dua arah yang melibatkan antara satu dengan lainnya. Dalam proses pembelajaran, komunikasi antara dosen dan mahasiswa menjadi penting untuk diperhatikan. Komunikasi yang terjalin dengan baik antara dosen dan mahasiswa diharapkan menjadi faktor pendorong bagi keberhasilan pada mahasiswa dalam memperoleh hasil belajar. Mahasiswa belajar tentang banyak hal di kampus, seperti bagaimana berteman, menghadapi masalah, bersosialisasi dengan orang lain, menyelesaikan tugas dengan baik, dan melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat, semua itu dapat terbentuk melalui sebuah komunikasi yang baik seperti melalui diskusi atau bercerita dengan dosen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi berganda. Sampel 99 orang mahasiswa diambil dengan teknik non probability sampling dengan menggunakan metode accidental sampling. Penelitian ini mengadaptasi alat ukur Interpersonal Communication Skill Inventory (ICSI) (Bienvenue, 1971). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari komunikasi interpersonal terhadap prestasi belajar mahasiswa. Besarnya proporsi varians dari komunikasi interpersonal terhadap prestasi belajar mahasiswa adalah sebesar 7,8%, sedangkan sisanya sebesar 92,2% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Oleh sebab itu, disarankan pada penelitian selanjutnya untuk meneliti variabel-variabel lain selain yang digunakan dalam penelitian ini yang dapat mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa.



Keywords


Prestasi Belajar, Komunikasi Interpersonal, Mahasiswa

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Journals

Abubakar, F. (2015). Pengaruh Komunikasi Interpersonal antara Dosen dan Mahasiswa Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pekomas. 18 (1), 53-62.

Bienvenue, M. J. (1971). An interpersonal communication inventory. The Journal of Communication. 21. 381-388.

Ganal, M.Y., & Mir, M.A. (2013). A comparative study of adjustment and academic achievement of College Students. Journal of Educational Research and Essays. 1(1), 5-8.

Igbo, J.N., & Ihejiene, M.A. (2014). Gender differences, delinquent behaviors and academic achievement of secondary school students in Nigeria. International Journal of Latest Research in Science and Technology, 3 (4), 40-46.

Safira, M.R. (2019). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Motivasi Berprestasi Antar Anggota Sanggar Tari Glossy Dancer Pekanbaru. Jom FISIP. 6, 1-10

Books

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Devito, J.A. (2013). The Interpersonal Communication Book. New York: Pearson.

Devito, J.A. (2015). Human communication: the basic course, Thirteenth edition.New York: Pearson Ed, Inc

Mulyana, D. (2004). Komunikasi Efektif: Suatu Pendekatan Lintas budaya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurdin, Ali. (2020). Teori Komunikasi Interpersona. Jakarta: Kencana A

Pfeiffer, J. W & Jones, J. E (Eds). (1974). The 1974 Annual Handbook for Group Facilitator. San Diego, CA: University Associates.

Rakhmat, J. (2008). Psikologi Komunikasi (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rasyid, H., & Mansur. (2007). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Wacana Prima

Sujana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Syah, M. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Syaodih, R. N. (1996). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Renika Cipta

Wahab, R. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Widjaja, H. A. W. (2000). Ilmu Komunikasi: Pengantar Studi. Jakarta: Rineka Cipta.

Winkle, W. S. (2004). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Internet

KBBI. (2022). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (online). Available at https://kbbi.web.id/komunikasi. (Diakses pada 03 Mei 2022).




DOI: https://doi.org/10.15408/virtu.v2i2.29359 Abstract - 0 DOWNLOAD PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.