ANALISIS STRATEGI PUBLIC RELATIONS DI STASIUN KERETA API KOTABUMI
Abstract
Dari awal pandemi hadir di Indonesia hingga saat ini ketika pandemi sudah tidak semeningkat dua tahun silam, namun masih banyak aturan yang harus diperhatikan oleh pengguna kereta api. Namun yang sering terjadi adalah banyak penumpang yang masih belum mengetahui informasi penting terkait aturan naik kereta api yang terbaru. Hal tersebut juga tidak terlepas dari bagaimana peran public reations dalam membantu menyebarkan informasi agar penumpang mengetahui akan aturan-aturan terbaru yang diterapkan oleh KAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang digunakan oleh public relations di stasiun kereta api Kotabumi. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Citra dalam Public Relations dan Teori Dependensi Efek Komunikasi Massa, yang mana membahas terkait kondisi masyarakat karena efek media massa. Dalam penelitian ini dapat ditarik kesimpulan jika strategi public relations yang diterapkan oleh stasiun kereta api Kotabumi adalah berupa penyampaian informasi penting melalui banner, pamflet, desain yang menarik, serta kerjasama dalam penyampaian informasi, dan sesuai dengan teori citra public relations serta teori Dependensi Efek Komunikasi Massa yang membuat masyarakat mengikuti aturan yang telah disampaikan oleh stasiun kereta api kotabumi.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD PDFReferences
REFRENSI
Bungin, Burhan, Sosiologi Komunikasi, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, Cet-5, 2011
Caropeboka, R. M. Konsep dan Aplikasi Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Andi. 2017
Kadir, Abdul, 2003. Pengenalan Sistem Informasi, Yogyakarta: Andi. 2003.
Kusrini, Kinoyo, Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntasi Dengan Visual Basis Dan Microsoft Sql Server. Yogyakarta: Andi. 2007
Kriyantono, Rahma. Meneropong Praktik Public Relations di Indonesia dengan Teori dan Riset. Malang: UB Press. 2018.
Effendy, Anong Uchjana, Ilmu Komunikasi; Teori dan Praktik, Bandung: Rosda 2001.
Octadiva, M., & Hayat, H. Strategi Public Relationspt. Kereta Api Indonesia (Persero) Dalam Mempublikasikan Layanan Kereta Api Tarif Khusus Jakarta: Interact, 2019.
Putra, Apriadi Siregar, S. M. Promosi Kesehatan Lanjutan Dalam Teori dan Aplikasi. Rawa Mangun, Jakarta: Prenada Media. 2020.
Sari, A. Anditha, Dasar-dasar Public Relations Teori dan Praktik. Ygyakarta: Deepublish, 2017.
Setiawan, Hernawati, R. Strategi Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero). Hubungan Masyarakat, 2021
Sofyan, A. F., Digital Multimedia: Animasi,Sound Editing & Video Editing. Yogyakarta: Andi. 2008.
Wibowo, Rusto Kreatif Tematik Tema 5 Ekosistem Kelas V untuk SD/MI. Duta. 2016
DOI: https://doi.org/10.15408/virtu.v2i2.29357 Abstract - 0 DOWNLOAD PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.