STRATEGI KOMUNIKASI MUI DALAM MENSOSIALISASIKAN FATWA MUI NO. 14 TAHUN 2020 TENTANG PENYELENGGARAAN IBADAH DALAM SITUASI TERJADI WABAH COVID-19

Khairul Anam, Ahmad Saiful Bahri, Suharjo Nugroho, Anita Sartika

Abstract


Pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk juga Indonesia telah memberi dampak bagi berbagai sektor kehidupan, salah satunya dalam hal beribadah. Di Indonesia, dalam usaha melawan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Pemerintah melalui Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa tentang panduan ibadah selama masa pandemi. Salah satu isi fatwa tersebut adalah menghimbau umat Islam yang tinggal di daerah red zone agar membatasi kegiatan beribadah berjamaah di masjid. Namun, dalam kenyataannya, fatwa MUI tersebut menuai pro dan kontra di kalangan umat muslim. Sehingga penelitian ini bermaksud mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh MUI dalam mensosialisasika fatwa no. 14 tentang panduan ibadah selama masa pandemi. Penelitian ini berangkat dari paradigma subjektif, dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teori yang digunakan adalah teori model komukasi Laswell, yakni melihat 5 komponen komunikasi, who, say what, in which channel, to whom, dan what effect. Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana peran masing-masing komponen komunikasi dalam mensosialisasikan fatwa tersebut. 

 

Kata Kunci: Strategi Komunikasi, MUI, Fatwa, Covid-19


Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Abidin, Yusuf Zainal. Manajemen Komunikasi: Filosofi, Konsep, Dan Aplikasi. Bandung: Pustaka Setia, 2015.

Arni, Muhammad. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Akhsara Almansur Fauzan, 2002.

“Arti Kata Fatwa - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online.” Accessed June 28, 2020. https://kbbi.web.id/fatwa.

Atmadi, Gayatri, and Sri Riris Wahyu Widati. “Strategi Pemilihan Media Komunikasi LPPOM MUI Dalam Sosialisasi & Promosi Produk Halal Di Indonesia.” Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI PRANATA SOSIAL 2, no. 2 (2013): 87–97.

Atmoko, Bambang Dwi. Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita, 2015.

Bbc.com. “Virus Corona: MUI Keluarkan Fatwa Penyelenggaraan Ibadah Di Tengah Wabah Covid-19 - BBC News Indonesia.” Accessed July 10, 2020. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-51867023.

“Bunyi Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020: Shalat Idul Fitri Akan Ditiadakan Jika Corona Belum Terkendali - Tribun Medan.” Accessed July 10, 2020. https://medan.tribunnews.com/2020/04/07/bunyi-fatwa-mui-nomor-14-tahun-2020-shalat-idul-fitri-akan-ditiadakan-jika-corona-belum-terkendali.

Enterprise, Jubilee. Strategi Memenangkan Isu Di Social Media. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2016.

Hamzah, Muhammad Maulana. “Peran Dan Pengaruh Fatwa Mui Dalam Arus Transformasi Sosial Budaya Di Indonesia.” Millah: Jurnal Studi Agama 1, no. 1 (2017): 127–54. https://doi.org/10.20885/MILLAH.VOL17.ISS1.ART7.

Hanafi, Muhammad. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Fisip Universitas Riau.” Jom Fisip 3, no. 2 (2016): 1–12.

Indonesia, Majelis Ulama. “Fatwa Majelis Ulama Indonesia Tentang Hukum Dan Pedoman Bermuamalah Melalui Media Sosial,” 2017.

Jpnn.com. “Cegah COVID-19, Terbit Fatwa MUI Terkait Salat Jumat - Nasional JPNN.Com.” Accessed July 10, 2020. https://www.jpnn.com/news/cegah-covid-19-terbit-fatwa-mui-terkait-salat-jumat.

Khohar, Abdul. “Strategi Komunikasi LAZISMU Cabang Kebayoran Baru Dalam Meningkatkan Jumlah Muzakki Di Lingkungan Perguruan Muhammadiyah.” Utilitas 6, no. 01 (2020): 31–41.

Komisi Fatwa Majelis Ulama. “Penyelenggaran Ibadah Dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19.” MUI. Vol. 14, 2020.

Kompas.com. “MUI Rilis Fatwa Terkait Ibadah Saat Wabah Corona, Ini Isi Lengkapnya Halaman All - Kompas.Com.” Accessed July 10, 2020. https://nasional.kompas.com/read/2020/03/17/05150011/mui-rilis-fatwa-terkait-ibadah-saat-wabah-corona-ini-isi-lengkapnya?page=all.

M. Erfan Riadi. “Kedudukan Fatwa Ditinjau Dari Hukum Islam Dan Hukum Positif.” Ulumuddin VI (2010): 468–77.

Ma’mur, Jamal. “Peran Fatwa MUI Dalam Berbangsa Dan Bernegara ( Talfiq Manhaji Sebagai Metodologi Penetapan Fatwa MUI ).” Wahana Akademika 5 (2018).

“MUI: Ada Masyarakat Salah Paham Tentang Fatwa Ibadah Di Tengah Corona.” Accessed July 10, 2020. https://news.detik.com/berita/d-4945228/mui-ada-masyarakat-salah-paham-tentang-fatwa-ibadah-di-tengah-corona.

Mui.or.id. “MUI Putuskan Fatwa Penyelenggaraan Ibadah Dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19 – Majelis Ulama Indonesia.” Accessed July 10, 2020. https://mui.or.id/berita/27675/mui-putuskan-fatwa-penyelenggaraan-ibadah-dalam-situasi-terjadi-wabah-covid-19/.

———. “Sejarah MUI – Majelis Ulama Indonesia.” Accessed July 10, 2020. https://mui.or.id/sejarah-mui/.

Nasional.okezone.com. “Gatot Nurmantyo Serukan Salat Berjamaah Di Masjid Hadapi Virus Corona : Okezone Nasional.” Accessed July 10, 2020. https://nasional.okezone.com/read/2020/03/18/337/2185486/gatot-nurmantyo-serukan-salat-berjamaah-di-masjid-hadapi-virus-corona.

Nasrullah, Rulli. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2018.

Nurdin, Ali. “Strategi Komunikasi Dalam Sosialisasi Pembangunan Jembatan Selat Sunda Di Propinsi Banten Dan Lampung.,” 2013.

Nurhadi, Zikri Fachrul. Teori Komunikasi Kontemporer. Penerbit Kencana, 2017.

Okezone.com. “Masih Ada Sholat Jumat Di Masjid, Masyarakat Diminta Patuhi Fatwa MUI.” Accessed July 10, 2020. https://www.okezone.com/tren/read/2020/04/15/620/2199471/masih-ada-sholat-jumat-di-masjid-masyarakat-diminta-patuhi-fatwa-mui.

Pardede, Aldo, and Yuliani Rachma Putri. “Strategi Komunikasi Ormas Pemuda Pancasila Jakarta Selatan Dalam Memperbaiki Citra.” E-Proceeding of Management 6, no. 1 (2019): 1837–45.

Pikiran-rakyat.com. “Inilah 9 Poin Fatwa MUI 14/2020 Dalam Upaya Pencegahan Covid-19 - Pikiran-Rakyat.Com.” Accessed July 10, 2020. https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-01353399/inilah-9-poin-fatwa-mui-142020-dalam-upaya-pencegahan-covid-19.

Republika.co.id. “MUI Bentuk Satgas Hadapi Wabah Covid-19 Di Indonesia | Republika Online.” Accessed July 10, 2020. https://republika.co.id/berita/q8mpzu320/mui-bentuk-satgas-hadapi-wabah-covid19-di-indonesia.

“Sejarah MUI – Majelis Ulama Indonesia.” Accessed June 28, 2020. https://mui.or.id/sejarah-mui/.

Sudarman, Asep. “Strategi Komunikasi Untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Dalam Membayar Zakat Maal.” Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi 2, no. 1 (2019): 35–54. https://doi.org/10.15575/cjik.v2i1.5056.

Vivian, John. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Kencana, 2008.

Wahyuningrum, Asri, H. Anasom, and Thohir Yuli Kusmanto. “Strategi Dakwah Mui (Majelis Ulama Indonesia) Jawa Tengah Melalui Sertifikasi Halal.” Jurnal Ilmu Dakwah 35, no. 2 (2017): 186. https://doi.org/10.21580/jid.v35.2.1618.

Wibowo, Harist Sandhy, Uud Wahyudin, and Pramono Benyamin. “Strategi Komunikasi Pemasaran Website Www.Bandungreview.Com.” EJurnal Mahasiswa Universitas Padjajaran 1, no. 1 (2012): 1–13.

Zaeny, Ahmad. “Teologi Sunnatullah Versus Teologi Determinas.” Jurnal Al-Adyani VIII, no. 1 (2013): 57–71.

Zubair, Feliza, Retasari Dewi, and Ade Kadarisman. “Strategi Komunikasi Publik Dalam Membangun Pemahaman Mahasiswa Terhadap Penerapan PTNBH.” Profetik: Jurnal Komunikasi 11, no. 2 (2018): 74. https://doi.org/10.14421/pjk.v11i2.1328.




DOI: https://doi.org/10.15408/virtu.v1i2.23380 Abstract - 0 DOWNLOAD PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.